Ketiduran Saat Merokok, Rumah Warga Cikembar Terbakar

Ilustrasi Kebakaran.

Ilustrasi Kebakaran.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Rumah Edi (56), warga Kampung Cikembar, RT 4/1, Desa/Kecamatan Cikembar, ludes terbakar si jago merah. Meski tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian materil puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), peristiwa yang terjadi pada awal pekan kemarin sekira pukul 22.00 WIB ini, diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan beberapa saksi, diduga kuat kebakaran akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Sehingga menyebabkan api membesar dan merambat kebagian rumah lainnya,” jelas seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cikembar, Sudarmat kepada Radar Sukabumi, Senin(11/2).

Dugaan ini mendasar, lanjut Sudarmat, tetangga korban melihat pemilik rumah sebelum tertidur merokok di tempat tidurnya. Karenanya, kuat sangkaan puntung rokok itu menimpa kasur dan pakaian hingga akhirnya memunculkan api yang membesar. “Besar kemungkinan ia mengantuk sehingga ketiduran saat merokok di kasur. Setelah itu, api yang berasal dari puntung rokoknya itu langsung membakar rumahnya,” katanya.

Kapolsek Cikembar, AKP I Djubaedi mengatakan, setelah mengetahui adanya peristiwa kebakaran tersebut, pihaknya langsung mengintruksikan sejumah petugas untuk meninjau lokasi kejadian dan berupaya memadamkan api.

“Api yang membakar rumah Pak Edi ini berhasil dijinakan setelah Muspika Kecamatan Cikembar bekerjasama dengan warga sekitar memadamkan api dengan peralatan seadanya. Alhamdulillah api itu dapat kami padamkan satu jam kemudian, sehingga api tidak menjalar ke rumah tetangganya,” jelasnya.

Saat petugas hendak melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), ujar I Djubaedi, pihak kepolisian merasa kesulitan untuk mengetahui secara pasti terkait penyebab kebakaran tersebut. Sebab, pemilik rumah saat dimintai keterangan jawabannya selalu tidak nyambung.
“Pemilik ini mengalami gangguan jiwa. Namun berdasarkan keterangan dari tetangga korban, sebelum kejadian kebakaran ini, Pak Edi sempat merokok di atas kasur. Untuk itu, kami menduga api berasal dari puntung rokok,” bebernya.

Beruntung saat kejadian kebakaran, lanjut I Djubaedi, sejumlah warga yang rumahnya berada di lokasi kejadian, langsung berupaya membantu mengevakuasi korban dan dibawa ke tempat yang lebih aman.

“Mungkin jika terlambat sedikit saja, besar kemungkinan Pak Edi akan ikut terpanggang di dalamnya,” paparnya.

Saat ini, korban sudah dievakuasi Muspika Kecamatan Cikembar ke rumah keluarga terdekatnya. “Ia selain sudah tua, juga tinggal sebatang kara di rumahnya. Tapi kami sudah mengevakuasinya,” pungkasnya.

(radar cianjur/Den)

loading...

Feeds