KPU Kota – Kabupaten Sukabumi Kompak Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Ilustrasi KPU

Ilustrasi KPU

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Sukabumi terus menggenjot angka partispasi pemilih di Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

KPU Kota Sukabumi pun memasang target angka partisipasi pemilih di angka 80 persen, meskipun secara nasional angka partispasi pemilih sebesar 77,5 persen.

“Pilkada 2018 lalu, angka partispasi masyarakat mencapai 78 persen, makanya kita di pemilu ini targetnya 80 persen. Tidak apa-apa melebihi nasional, nanti secara tidak langsung akan mendongkrak partisipasi nasional,” ujar Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami.

Dalam upaya mencapai target 80 persen itu, kata wanita akrab disapa Tami ini, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah daerah dan partai peserta pemilu juga masyarakat.

KPU sendiri sudah berkoodinasi kepada pemerintah daeah untuk bisa ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ataupun tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kita ketahui ada tiga pilar dalam pemilu ini yakni penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pemilih. Peserta pemilu harus bisa mensosialiasikan kepada konsituennya, apalagi mereka ingin mendapatkan suara yang sebanyak-banyaknnya,” tuturnya.

Begitupun dengan KPU, melalui berbagai tingkatan baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat begitu pentingnya hak suara dalam menentukan nasib bangsa dan negara.

“Mereka bergerak sampai ke tingkat ke RT dan RW untuk mensosialisasikan pemilu ini,” kata Tami. Tak hanya itu, KPU Kota Sukabumi juga membentuk relawan demokrasi (Relasi).

Relasi ini menjadi ujung tombak dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di pemilu 2019 ini.

“Relasi ini dibentuk untuk menjangkau 11 segmentasi pemilih. Itu untuk peningkatan partisipasi pemilih,” lanjutnya.

Selain itu, 11 segmen yang akan digarap oleh relawan demokrasi ini sudah mewakili seluruh elemen. Seperti halnya segmen pemilih pemula, perempuan, disabilitas dan lainnya.

“11 segemen ini bisa menjangkau semuanya, terutama yang tidak cover oleh KPU,” aku Tami.
Dengan begitu, Relasi dapat meningkatkan angka partisipasi, baik secara kualitas maupun kuantitas. “Peran relawan demokrasi sangat penting di Pileg dan Pilpres ini. Terutama dalam peningkatan angka partisipasi,” pungkasnya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Sukabumi menargetkan tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen pada pemilu serentak 2019.

Dari data yang tercatat di KPU Kabupaten Sukabumi, jumlah pemilih tetap sebanyak 1.826.011. Rinciannya, 905.040 perempuan dan 920.971 laki-laki dari jumlah sebanyak 920.971 desa dan kelurahan. Sementara, ada 7.868 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman mengatakan, jumlah pemilih berdasarkan usia diantaranya, usia 20 sebanyak 160.995, usia 21-31 sebanyak 425.908, usia 31-40 sebanyak 396.489, usia 41-50 sebanyak 352.936, usia 51-60 sebanyak 264.988 dan usia 60 sebanyak 224.695. “Sedangkan, sebanyak 2.754 penyandang distabilitas,” kata Ferry kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar).

Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Misalnya, melakukan pembekalan kepada para relasi agar dapat meningkatan proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi serta membangkitkan kesukarelaan masyarakat dalam agenda pemilu.

“Tak hanya itu, kami juga merekrut sebanyak 55 orang relawan demokrasi sebagai kepanjangan tangan KPU untuk mensosialisasikan berbagai tahapan pemilu,” ujarnya.

Menurutnya, pada saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 di Sukabumi hanya mencapai 64 persen. Pada 2019 ini, ditargetkan dapat melampaui target tingkat partisipasi pemilihan dari tahun sebelumnya.

“Sebab itu, kami terus berupaya menggenjot para relawan agar bisa kembali mensosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya optimis dengan upaya yang saat ini digencarkannya, akan mampu mencapai target yang sudah ditetapkan. Ferry pun meminta kesadaran masyarakat agar memberikan hak pilihnya pada pemilu serentak nanti. “Kami harap, di Kabupaten Sukabumi bisa melebihi target yang ditetapkan,” harapnya.

(radar sukabumi/bal/bam)

loading...

Feeds