Geopark Siap Dukung Jabar Green Province 2025

INDAH: Suasana Geopark Cileutuh yang sangat indah di siang hari. Ist

INDAH: Suasana Geopark Cileutuh yang sangat indah di siang hari. Ist

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat terus berupaya mengangkat potensi pariwisata di daerah khas Geopark Ciletuh- Palabuhanratu agar menjadi gerbang destinasi wisata yang berkelas dunia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri belum lama ini mengatakan, salah satu upaya untuk menjadikan kawasan ini menjadi gerbang wisata kelas dunia adalah menggagas suatu proyek perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat I pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Angkatan XL tahun kemarin.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi pengembangan kawasan geopark dalam mewujudkan destinasi pariwisata kelas dunia (world class tourism) di Provinsi Jawa Barat.

“Pengembangan Geopark adalah sebuah konsep manajemen pengembangan berkelanjutan yang menyerasikan keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity) dan keragaman budaya (culture diversity) melalui prinsip konservasi dan Rencana Tata Ruang Wilayah yang sudah ada,” ujar Iyos kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar).

Lebih lanjut Iyos mengatakan, geopark adalah wilayah geografis yang memiliki situs warisan geologi terkemuka dan bagian dari konsep holistik perlindungan, pendidikan dan pembangunan yang berkelanjutan.

“Geopark tidak hanya mencakup situs geologi, tetapi memiliki batas geografis yang jelas serta sinergitas antara keragaman geologi, hayati, dan budaya yang ada di dalam kawasan tersebut. Masyarakat yang tinggal di dalam kawasan berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam,” katanya.

Pengembangan potensi geopark, pemerintah diarahkan sesuai dengan kebijakan pembangunan kepariwisataan dengan pengembangan kawasan-kawasan unggulan di Provinsi Jawa Barat, yang sejalan dengan komitmen pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (suistainable development goals) sebagaimana amanat Peraturan Presiden nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Jabar memiliki suatu kawasan geopark dimana Geopark dapat melahirkan program dan kegiatan yang secara langsung menopang pelaksanaan visi Gubernur Jawa Barat yaitu terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan lnovasi don Kolaborasi,” bebernya.

Geopark berpotensi untuk menjadikan Jabar sebagai destinasi wisata dunia (internasional), geopark mendukung Jabar sebagai ‘Green Province 2025’ dengan program CDM yang salah satu indikatornya ialah 45% luas wilayah di Jabar menjadi hutan lindung.

Menerapkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat nomor 2 tahun 2002 tentang Perlindungan Lingkungan Geologi dan merupakan pola pembangunan yang sesuai dengan potensi pengembangan wilayah di Jabar, yakni konservasi dan seiring pula dengan pembangunan berbingkai budaya lokal.

“Berdasarkan verifi kasi data yang sudah ada, telah diidentifi ksi empat zona yang berpotensi menjadi geopark atau bagian dari geopark (geo-area) Jawa Barat, dengan tema landscape dan eks tambang, cakupan dan zona inti,” tandasnya.

(radar sukabumi/ren)

loading...

Feeds

Zalnando

Zalnando Tak Sabar Cicipi Laga

Bek sayap Persib Bandung Zalnando sudah tidak sabar ingin mencicipi laga bersama timnya. Mantan pemain Sriwijaya FC melewatkan dua pertandingan.