Lihat Deh, Jalan di Kecamatan Simpenan Rusak Parah Mirip Kubangan Kerbau

PARAH: Kondisi jalan yang melintas lima desa di Kecamatan Simpanen rusak parah dan harus segera diperbaiki.

PARAH: Kondisi jalan yang melintas lima desa di Kecamatan Simpanen rusak parah dan harus segera diperbaiki.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI- Masyarakat dilima desa Kecamatan Simpenan merasa dianaktirikan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Pasalnya, akses jalan yang melintasi pemukiman mereka sampai sekarang belum juga diperbaiki. Akibatnya, aktivitas sehar-hari pun terganggu.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), jalan yang perlu diperbaiki itu kurang lebih 12 kilometer. Jalan ini merupakan satu-satunya akses yang digunakan warga untuk sampai ke tempat publik. Kini kondisinya rusak parah dan mirip kubangan kerbau.

“Jalan ini juga bisa menjadi alternatif menuju Kecamatan Warungkiara. Tapi sayangnya, sampai sekarang belum ada perbaikan,” ujar Budiman (40), salah seorang warga Kampung Tarisi, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan.

Menurut Budiman, rusaknya jalan tersebut karena badan jelan sering dilintasi kendaraan berat. Selain itu, yang paling utama penyebab rusaknya jalan ini karena memang jalan tersebut sudah lama belum juga diperbaiki.

“Jujur saja, kami seperti dianak-tirikan oleh Pemda. Masa daerah lain dibangun sementara jalan kami ini belum juga diperbaiki. Padahal kami juga merasa punya hak untuk mendapatkan pembangunan,” imbuhnya.

Dengan keadaan jalan yang rusak tersebut, kata dia, tentunya sangat merugikan masyarakat dilima desa ini. Bisa dibayangkan dengan musim hujan seperti sekarang, aktivitas warga semakin terganggu.

“Otomatis kondisi jalan yang rusak ini sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas jalan ini. Kami berharap, jalan ini segera diperbaiki,” ungkapnya.

Camat Simpenan, Iwan Gunawan mengatakan, jalan tersebut memang harus segera diperbaiki agar roda perekonomian warga sekitar berjalan dengan lancar. Pembangunan infrastuktur ini menurutnya sangat menunjang peningkatan indeks pembangunan manusia di Kecamatan Simpenan.

“Kalau jalan bagus, pasti aktivitas warga semakin lancar, terlebih dalam mengangkut hasil pertanian,” ujarnya.

Iwan mengaku, lima tahun yang lalu jalan tersebut diperbaiki melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Desa. Saat itu, perbaikan dilakukan melalui betonisasi yang dilakukan dari Kampung Cisantri sampai Kampung Pamipiran Desa Mekarasih. Itu pun hanya beberapa ratus meter, tidak semua. “Pada tahun ini, kami sudah sampaikan kepada Dinas PU supaya dilakukan perbaikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengungkapkan, rencana perbaikan jalan tersebut sudah dilakukan pada tahun sebelumnya, hanya saja saat itu belum bisa dilaksanakan.

“Tahun ini, kami masukan kembali perbaikan jalan itu menjadi prioritas. Tapi tentunya tidak bisa semua diperbaiki secara langsung, mengingat anggaran kita yang terbatas,” singkatnya.

(radar sukabumi/cr1)

loading...

Feeds