Puting Beliung Landa Sukabumi, Puluhan Rumah Rusak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Sukabumi dan sekitarnya, menyebabkan puluhan rumah warga di beberapa kecamatan porak poranda setelah diterjang angin puting beliung, Jumat (11/1/2019).

Selain menerjang pemukiman penduduk, angin puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang hingga menimpa rumah warga dan menutup akses jalan.

Berdasarkan data yang tercatat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, terdapat tiga rumah warga di wilayah Desa/ Kecamatan Bojonggenteng mengalami kerusakan setelah tertimpa pohon.

Sementara di sejumlah perkampungan di Desa Sukasirna Kecamatan Cibadak, belasan rumah mengalami kerusakan dibagian gentingnya setelah tersapu angin puting beliung. Sedangkan di wilayah Kecamatan Cikidang, sebuah pohon Trambesi roboh hingga menutupi akses Jalan Raya Cikidang – Palabuhanratu.

“Untuk jumlah rumah dan kerugian, belum diketahui secara pasti. Sebab, petugas dilapangan masih konsen melakukan evakuasi pohon tumbang dan lainnya. Namun, diprediksi akibat bencana ini terdapat puluhan rumah warga mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung. Berdasarkan laporan dari para relawan, mayoritas bencana ini terjadi mulai pukul 15.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” jelas Kepala Pusat Pengendalian Operasional BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar).

Menurut Daeng, kejadian bencana ini, terjadi setelah wilayah tersebut dilanda hujan deras. Bahkan, laporan dari petugas relawan di lapangan di wilayah Kecamatan Bojonggenteng terdapat hujan es.

“Untuk pohon tumbang di wilayah Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Bojonggenteng, telah dievakuasi menggunakan mesin potong kayu,” bebernya.

Camat Cibadak, Lesto Rosadi mengatakan, akibat bencana tersebut, meski tidak menelan korban jiwa, namun belasan rumah warga mengalami kerusakan akibat tersapu angin puting beliung. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan di sejumlah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cibadak.

“Untuk bencana ini, kita akan mendata terlebih dahulu ada berapa rumah serta pohon yang tumbang, agar nantinya bisa kita cari solusinya dengan pemerintah desa untuk meringankan para korban bencana,” pungkasnya.

(radar sukabumi/den)

loading...

Feeds