Angka Pencari Kerja di Kota Sukabumi Turun, Segini Jumlahnya

ilustrasi pencari kerja

ilustrasi pencari kerja

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Angka pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi di 2018 mengalami penurunan dibandingkan pada 2017. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, sepanjang 2018 ini mengeluarkan sebanyak 5.539 lembar kartu kuning (AK-1).

Sedangkan di tahun 2017 sebanyak 5.713 kartu AK-1. ” Di tahun 2018 ini cenderung ada penurunan jumlah pencari kerjanya, bila dibandingkan dengan tahun 2017,”ujar Plt. Disnakertrans Kota Sukabumi Iyan Damayanti.

Penurunan tersebut kata Iyan, kemungkinan para pencari kerja sudah terserap di berbagai perusahaan sehingga tidak perlu lagi membuat kartu kuning. “Mudah-mudahan sih angka penuruann pembuatan AK-1 tersebut, benar-benar angka pencari kerja menurun,”ungkapnya.

Namun Iyan tidak memungkiri di Kota Sukabumi saat ini masih banyak jumlah pencari kerja. Karena masih banyak juga setiap harinya yang membuat kartu AK-1 tersebut. ” Masih banyak masyarakat yang mencari kerja di Kota Sukabumi,”akunya.

Dalam upaya meminimalisir angka pencari kerja lanjut Iyan, pemerintah sudah meluncurkan beberapa program salah satunya dengan menggelar job fair setiap tahun. “Job Fair yang sudah menjadi agenda rutin itu, salah satunya untuk mengurangi angka pengangguran atu jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi,”akunya.

Selain itu juga kegiatan Job fair juga membantu target 5.000 penyerapan tenaga kerja per tahun. Job Fair ini bisa memfasilitasi pencari kerja dengan perusahaan. “Alhamdulillah di Kota Sukabumi untuk tahun 2018 penyerapanya mencapai 5.246 atau melebihi target yang sudah ditentukan,”terangnya.

Tah hanya itu pihaknya juga sering menggelar kegiatan pelatihan. Hal itu bertujuan untuk memberikan keterampilan ke pencari kerja. “Ketika mereka akan melamar pekerjaan, setidaknya sudah memiliki kemampuan dan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Di tahun 2019 juga sudah direncanakan untuk beberapa jenis pelatihan,”pungkasnya.

(radar sukabumi/bal)

loading...

Feeds