Anak-Anak Korban Longsor Cisolok Diberikan Edukasi dan Pemulihan Psikologi

Team Trauma Healing Polda Jawa Barat bersama anak-anak korban Longsor Cisolok

Team Trauma Healing Polda Jawa Barat bersama anak-anak korban Longsor Cisolok

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Anak-anak usia sekolah dasar korban tanah longsor Cisolok, membutuhkan perhatian secara psikologi.

Beberapa diantara anak-anak tersebut, bahkan orang tuanya menjadi korban tanah longsor dalam keadaan meninggal dunia.

Team Trauma Healing Polda Jawa Barat dibawah pimpinan Kompol Festie Rusmayanti, melakukan kegiatan trauma healing dengan melakukan kegiatan pendampingan kepada anak-anak korban longsor.

“Kegiatan dilakukan dengan memberi edukasi berupa kemampuan motorik anak dengan kegiatan mewarnai yg diikuti oleh anak-anak berusia 13 tahun kebawah. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini,” jelasnya, sabtu (5/1/2019).

Tim juga berusaha menumbuhkan minat anak, dengan Membangun kreatifitas terhadap anak-anak yang menjadi korban dengan melukis pada balon dan mewarnai.

“Anak-anak diberi pemahaman dalam membangun kekompakan terhadap anak, yang diimplementasikan dengan games ular tangga,” jelasnya.

Selain pendampingan psikologis, diberikan juga makanan ringan kepada anak anak korban longsor Cisolok.

“Memberikan makanan ringan kepada anak-anak sebagai apresiasi dan kasih sayang kepada anak-anak,” jelasnya.

Menurut Ka Team Trauma Healing Kompol Festie Rusmayanti, Psi., maksud kegiatan yang dilakukan adalah memberikan dukungan psikososial bagi penyintas korban bencana longsor.

Ditambahkan pula oleh Kompol Festie, bahwa ada beberapa anak yang kehilangan kedua orang tuanya, sehingga membutuhkan pendekatan yang lebih personal lagi.

(arf)

loading...

Feeds