Luapan Air Sungai Cisuda Surut, Hal Ini Jadi Ancaman Warga Jayaraksa

NYARIS LUMPUH: Lalu lintas di Jalan Baros tersendat bahkan nyaris lumpuh akibat luapan air di Sungai Cisuda yang menggenangi jalan hingga beberapa rumah di sekitar sungai ikut terendam.

NYARIS LUMPUH: Lalu lintas di Jalan Baros tersendat bahkan nyaris lumpuh akibat luapan air di Sungai Cisuda yang menggenangi jalan hingga beberapa rumah di sekitar sungai ikut terendam.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kendati luapan air sungai Cisuda yang merangsak ke pemukiman warga sekitar Jalan Raya Baros RW 03, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros telah surut.

Namun, kini warga dihantui serangan nyamuk, sebab air yang meluap mabes material lumpur dan menyisakan genangan air.

Kekhawatiran itu diungkapkan Asep, warga sekitar. Menurutnya, luapan air Sungai Cisuda ini masuk kedalam rumahnya hingga setinggi lutut. Beberapa perlengkapan rumah tangga pun ikut terairi, selain itu pasca surut genangan air, sampah dan lumpur mengotori rumahnya.

“Air tidak terbendung, karena memang posisi rumah saya dibawah. Kurang lebih setinggi lutut lah, sekarang ini kita lagi bersih-bersih. Jelas, yang kami khawatirkan adalah nyamuk karena banyak sampah dan genangan air,” ungkapnya, Jumat (7/12/2018).

Luapan Sungai Cisuda, lanjut Asep, bukan kali pertama kali terjadi. Seingatnya, sekitar 1990 pernah terjadi dengan penyebab yang sama yakni sampah yang memenuhi sungai sehingga air meluap.

Maka dari itu, dirinya berharap agar tanggul sungai bisa lebih tinggi untuk mengantisipasi kejadian serupa.

“Harapan kami sih pertama infrastruktur dibenahi lagi supaya bisa menahan luapan air, termasuk juga fogging untuk mengantisipasi serangan nyamuk. Khawatir, terutama kepada anak-anak,” imbuhnya.

Pemandangan serupa terlihat dibeberapa rumah lainnya yang terdampak luapan air, salahsatunya salon yang terdampak cukup parah. Terlihat beberapa karyawan Salon mulai membersihkan sisa-sisa luapan air tersebut.

“Ya, ini lagi bersih-bersih. Soalnya, ke dalam airnya nyaris sampai paha. Beberapa peralatan juga terendam. Kebanyakan sih alat-alat listrik yang rusak,” tutup Nova salah satu karyawati salon itu.

(radar sukabumi/upi)

loading...

Feeds

Zalnando

Zalnando Tak Sabar Cicipi Laga

Bek sayap Persib Bandung Zalnando sudah tidak sabar ingin mencicipi laga bersama timnya. Mantan pemain Sriwijaya FC melewatkan dua pertandingan.