Harga Telur di Kota Sukabumi Meroket, Segini Harganya…

ilustrasi telur ayam

ilustrasi telur ayam

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Harga telur ayam di berbagai pasar tradisional di Kota Sukabumi mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan. Salah satunya di Pasar Pasundan, dalam setiap kilogramnya pedagang terpaksa menjual sebesar Rp 27 ribu.

Kenaikan tersebut, diakui Dedah, salahsatu penjual telur ayam ini terjadi sejak awal bulan ini. Padahal pada bulan lalu, harga dalam setiap satu kilogramnya hanya berkisar Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribu.

“Kenaikannya sejak awal bulan ini saja, berangsur memang. Saya jual Rp 27 ribu sekrang mau gimana lagi sialnya dari pemasoknya juga mahal,” akunya ibu berhijab ini kepada Radar Sukabumi saat ditemui di lapaknya, Jumat (7/12).

Kenaikan harga itu, lanjut Dedah, memang sempat diprotes oleh para pelanggannya. Namun, dirinya tidak bisa berbuat banyak karena kebaikan tersebut terjadi rata nyaris disemua daerah.

“Ya kan para pedagang olahan makanan selalu beli telor disini, sempat tuh protes karena harganya mahal. Tapi mau gimana lagi, saya pun sebagai penjual kebagian sedikit dalam setiap kilogramnya,” cetusnya.

Dirinya berharap, agar pemrintah segera bertindak agar harga salah satu kebutuhan itu kembali semtabil. Selain itu, pasokan telur ayam ini pun mengalami penurunan sehingga tidak banyak pedagang yang jual.

“Ya harus segera diantisipasi, jangan sampai sepeti sebelumnya tembus Rp 30 ribu. Ini pun saya hanya punya stok sedikit karena darisananya juga katanya jarang,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Umar, pedagang makanan siomay. Kenaikan harga telur ini cukup membuatnya kelimpungan, sebab tentunya bakal berdampak pada harga jual dagangannya.

“Ya kalau pembeli kan tahu nya segitu harganya, mana mau tahu kalau harga telur naik. Paling porsinya yang dikurangi, mau gimana lagi soalnya,” tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMP2) Kota Sukabumi, Ayep Supriatna membenarkan terdapat kenaikan beberapa beberapa kebutuhan pokok dan komoditas.

“Ya betul, pemantauan terakhir harga telur tembus Rp 25 ribu dalam setiap satu kilogramnya. Termasuk beberapa jenis sayuran juga naik dikarenakan faktor cuaca,” tandasnya.

(radar sukabumi/upi)

loading...

Feeds