Tol Bocimi Baru Ciawi-Cigombong, ke Sukabumi Kapan?

Jalur Tol Bocimi

Jalur Tol Bocimi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Setelah sempat tertunda beberapa kali dari rencana awal, Tol Bogor-Ciawi- Sukabumi (Bocimi) akhirnya bakal diresmikan oleh Presiden, Joko Widodo hari ini. Peresmian sendiri rencananya bakal dilakukan di gerbang tol Bocimi.

Kadishub Kabupaten Sukabumi, Th endy Hendrayana memebenarkan adanya rencana peresmian tol Bocimi seksi I Ciawi-Cigombong tersebut. Namun menurutnya, untuk Sukabumi belum bisa dilakukan lantaran pengerjaannya belum selesai.

“Benar (ada peresmian), tapi baru Ciawi-Cigombong. Kalau ke wilayah Sukabumi, itu masih dalam pengerjaan,” timpalnya.

Sebagai antisipasi membludaknya kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi, Thendy mengaku akan menyiagakan petugas di perbatasan Bogor- Sukabumi. Hal ini supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“Kemungkinan kendaraan menuju Sukabumi akan membludak, karena mereka akan cepat sampai. Sebagai antisipasi terjadinya penumpukan ataupun kemacetan, kami akan koordinasi dengan aparat kepolisian supaya mengatur arus lalu lintas di perbatasan Bogor-Sukabumi,” singkatnya.

Sementara itu, rencana peresmian Tol Bocimi ini tentu akan membawa dampak positif. Pengamat publik sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Sakti Alamsyah menilai, pembangunan tol Bocimi memang begitu penting. Lantaran, jika tidak ada pembangunan tol, masyarakat Sukabumi dapat termarjinalkan.

“Kalau tidak ada Tol Bocimi, Sukabumi termarjinalkan karena setiap hari volume kendaraan semakin padat. Selain itu, banyak kendaraan berkapasitas besar,” kata Sakti.

Sementara, pelebaran maupun penambahan insfratuktur jalan di Sukabumi tak sebanding dengan membludaknya kendaraan saat ini. Sehingga, kemacetan kerap terjadi disetiap jalur. Untuk itu, demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Tol Bocimi menjadi langkah preventif dalam menjawab problematika saat ini.

“Mau tidak mau Tol Bocimi harus segera dilaksanakan peresmiannya. Kalau tidak, tentunya masyarakat Sukabumi akan terpinggirkan,” ucapnya.

Tak hanya itu, keberadaan tol Bocimi juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Dimana insf ratuktur jalan harus menunjang untuk kemajuan pengusaha. Lantara, ketika insfratuktur jalan tidak mendukung, tentunya akan merugikan bagi pengusaha itu sendiri.

“Dari sisi aspek bisnis, di Sukabumi ini semakin padat karena semua lembaga perbankan hampir sebagian besar ada di Sukabumi. Hal itu menunjukan, bahwa dari sisi perniagaan dan perdagangan Sukabumi sangat luar biasa,” tandasnya.
Sakti menambahkan, dalam rangka meningkatkan aktivitas perdagangan maka Tol Bocimi menjadi salah satu syarat proses penghubung. Sebab itu, perlu secepatnya di resmikan dan pada proses pembangunannya bisa didorong oleh semua unsur.

“Saya selaku akademisi menyambut secara positif Tol Bocimi yang akan diresmikan pada hari ini oleh Pak Joko Widodo,” pungkasnya.

(radar sukabumi/bam)

loading...

Feeds