Relokasi Pasar Pelita Molor, Eks Terminal Sudirman Masih Sepi

MASIH SEPI: Penampungan pedagang pasar pelita yang akan ditempatkan di eks terminal lama masih sepi. Foto : RAdar Sukabumi

MASIH SEPI: Penampungan pedagang pasar pelita yang akan ditempatkan di eks terminal lama masih sepi. Foto : RAdar Sukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Relokasi sejumlah pedagang disekitar kawasan Pasar Pelita masih belum terlaksana. Hal itu terlihat dari masih kosongnya lahan eks Terminal Sudirman yang menjadi lokasi relokasi sementara tersebut.
Hanya sebuah bangunan semi permanen dari kerangka baja ringan yang nampak dilokasi penampungan itu.

“Rencananya besok (hari ini.red) pak Sekda akan memimpin pembahasan relokasi pedagang ke pasar penampungan eks terminal bersama SKPD terkait,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Ayep Supriatna, Kamis (8/11).

Ia menambahkan, kemungkinan penampungan pasar sementara itu akan beroperasi dalam waktu dua minggu ke depan. Saat ini tinggal melakukan pemasangan jaringan listrik saja.

“Kami hanya sebagai fasilitator saja, kami sudah menyiapkan nomor nomor pencocokan kios untuk para pedagang. Relokasi ini semuanya gratis, hanya listrik saja yang bayar. Kami juga melarang pengembang minta biaya relokasi,” ujarnya.

Relokasi pedagang ke eks terminal kata Ayep, untuk kepentingan bersama demi kelancaran pembangunan Pasar Pelita. Dirinya juga berharap kepada pihak PT. FAP agar bisa menyelesaikan pembangunan Pasar Pelita sesuai perjanjian dan target yang telah ditetapkan.

“Pak Wali memberikan batas waktu satu tahun untuk penggunaan eks terminal sebagai pasar sementara dan mudah mudahan pihak pengembang bisa menepati janjinya beres di akhir 2019,” katanya.

Pengembang Pasar Pelita menyediakan 500 lapak untuk para pedagang yang saat ini masih berjualan di seputar area pembangunan Pasar Pelita. Para pedagang tersebut menempati kioskios darurat di Jalan Stasiun Barat, Jalan Stasiun Timur, Pasar Cimol, dan sekitarnya.

“Dalam relokasi pedagang ini, Pemkot Sukabumi sifatnya hanya memfasilitasi dan membantu pengembang dalam pemindahan barangbarang. Pembangunan lapak menjadi tanggung jawab pengembang,” ujarnya.

Ayep menilai relokasi para pedagang ini sangat strategis untuk dijadikan pasar penampungan sementara. Lokasi eks terminal tersebut diapit dua jalan besar yakni Jalan Sudirman di sebelah utara dan Jalan Arief Rahman Hakim di sebelah selatan.

“Eks terminal tempatnya sangat strategis baik bagi para pedagang maupun masyarakat sebagai pengunjung pasar. Lokasinya terakses oleh angkutan umum dari kedua ruas jalan,” pungkasnya. Diketahui, rencana relokasi ini pun mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan untuk pengaturan lalu lintas jalan.

(radar sukabumi/bal)

loading...

Feeds

Lomba PMR yang diselenggarakan di SMPN 21  Bekasi. (ist)

SMPN 21 Bekasi Gelar Kibar ke-IX

PALANG Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 21 Kota Bekasi gelar kibar aksi persahabatan dalam lomba sepulau Jawa-Lampung. Perlombaan yang terselenggara …