Soal Sampah Perbatasan Kota-Kabupaten Sukabumi Sudah Terselesaikan

KUMUH: Tumpukan sampah di Kampung Cikareo RT 3/11, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong.

KUMUH: Tumpukan sampah di Kampung Cikareo RT 3/11, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Akhirnya, persoalan sampah yang menggunung di perbatasan Kota dan Kabupaten Sukabumi terselesaikan.

Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi bersinergi membersihkan sampah yang sebelumnya sempat menjadi persoalan itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Adil Budiman mengungkapkan, persoalan sampah yang menumpuk pada daerah perbatasan ini terselesaikan dengan sinieegitas antara pemerintah kota dan kabupaten sukabumi.

“Tentang sampah, dimanapun itu tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan masyarakat yang menjadi sumber sampah itu. Kami (Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi,red) sepakat untuk membersihkan sekaligus menutup tempat pembuangan sampah ilegal ini,” jelasnya, Jumat (19/10).

Tidak hanya itu, pasca ditutup masyarakat bisa membuang sampah pada TPS yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Kemudian, pihaknya bakal menerjunkan armada pengangkut sampah setiapnhatinya diwilayah itu.

“Warga harus sama-sama saling menjaga kebersihan lingkungan dan buah sampahlah pada tempatnya, kedepan truk pengangkut sampah akan ada rute kesana,” tutupnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Kebersihan Dinas Perumahan Pemukiama dan Kebersihan Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska menambahkan, walaupun secara teknis wilayah tersebut merupakan kewenangan pemerintah kota , namun hal tersebut merupakan bentuk sinieegitas sehingga menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan, secepatnya rencananya kita tindak lanjuti dengan pemagaran dan penutupan lokasi,” tukasnya.

(radar sukabumi/upi)

loading...

Feeds