Dishub Kota Sukabumi Bakal Pasang PJU Smart di 11 Titik

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.om, SUKABUMI – Dinas Perhubungan Kota Sukabumi terus melakukan pendataan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang rusak ataupun mati.

Perbaikan itu terus dilakukan oleh Dishub, baik itu melalui pendataan oleh pihaknya ataupun ada laporan dari masyarakat.

“PJU yang rusak saat ini kami sedang melakukan pendataan. Mungkin bisa diktakan cukup banyak. Selain pendataan kita juga memperbaikinya,” ujar Kabid keselamatan lalulintas dan perlengkapan jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Dion Sanaha, belum lama ini.

Ditambahkan, Dion untuk tahun ini akan dilakukan pemasangan PJU yang ditempatkan wilayah gang dengan sembilan lokasi. Dalam satu lokasi itu ada lima titik lampu yang akan dipasang.

“ Nanti kita akan pasang PJU yang berada di gang dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya akan memasang PJU smart dengan percobaan di 11 titik. Artinya PJU Smart kata Dion memanfaatkan teknologi, jadi PJU itu nanti di kontrol melalui telepon seluler. Sehingga jika ada yang rusak atau mati bisa diketahui secara langsung.

“ Ya ini inovasi kita memanfaatkan teknologi, selain itu juga hemat energi,” ujarnya.

Sementara itu untuk secara umum kelengkapan marka jalan ternyata masih kurang, ratarata per dua tahun sekitar 5000 meter kekuranganya. Terutama saat ada pekerjaan proyek perbaikan jalan.

”Misalkan bagian Bina Marga sedang melakukan perbaikan jalan, kita diwajibkan harus secepatnya untuk memasng marka jalnnya,”ujar Saat ini pihaknya juga masih menunggu data dari bagian Bina Marga terkait adanya perbaikan jalan, sebab pihaknya juga harus segera melakukan pemasangan markanya.” Saat ini kita tengah menunggu data dari bagian Bina Marga, jalan mana saja yang akan atau sedang dilakukan perbaikan,”akunya.

Selain memasang marka jalan yang baru lanjut Dion, pihaknya juga setiap tahunya melakukan recovery (perbaikan atau pemulihan) terhadap marka-marka yang sudah mengkhawatirkan.

“ Setiap tahunya ini menjadi agenda rutin kita untuk melakukan recovery terhadap marka jalan,”pungkasnya.

(radar sukabumi/bal)

loading...

Feeds