Ketika Ratusan Pecinta Vespa Adu Kecepatan di Sukakarya Sukabumi

Grasstrack Vespa di Kampung Babakan Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong

Grasstrack Vespa di Kampung Babakan Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Tak hanya motor cross yang bisa diadu kecepatan. Ratusan pecinta motor vespa yang berasal dari Kota dan Kabupaten Sukabumi tumpah ruah di Kampung Babakan Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, Minggu (19/8/2018).

Para pecinta motor tua keluaran Itali ini mengikuti gelaran grasstrack dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-73.

Pada kegiatan yang kedua kalinya ini tergolong cukup unik. Dimana para bikers harus melintasi trek tanah yang licin dan berdebu, sehingga keseruan balapan semakin asik untuk disaksikan. “Sebenarnya acara ini sudah rutin dilakukan setiap momen menyambut 17 Agustus,’’ ujar Ketua Panitia Grasstrack Vespa Muhammad Ridwan kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Ia mengungkapkan, pemilihan Vespa sebagai kegiatan perlombaan, sebab dinilai unik dan bisa mengajarkan untuk saling silaturahmi.

Perlombaan ini ungkap Ridwan cukup diminati warga terutama yang tergabung dalam komunitas vespa yang ada di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Bahkan ada pembalap dari luar Sukabumi seperti Kabupaten Cianjur dan Banten.

Tidak hanya itu sambung Ridwan, pada perlombaan balap vespa tersebut dilakukan untuk menyalurkan bakat dari para pemuda. Terutama bagi yang sebelumnya seringkali balapan liar kini bisa menyalurkannya di sirkuit yang disediakan dalam lomba.

“Panjang lintasan balap di sirkuit Babakan ini mencapai sekitar 800 meter. Ke depan agenda perlombaan balap vespa ini bisa dilakukan secara rutin setiap tahunnya,” sambung Ridwan

Ia menambahkan, dalam ajang ini dilombakan sebanyak tiga kategori lomba yakni kelas standar, tune up dan FFA.

“Untuk jumlah peserta secara keseluruhan mencapai sebanyak 147 orang,”tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pembalap dari Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi Iwan Sunarya mengatakan, dirinya sudah lama mengikuti perlombaan grasstrack vespa di sejumlah daerah. Menurutnya, tidak bisa sembarangan orang bisa mengendalikan vespa di dalam sirkuit.

Terlebih ketika melintasi sirkuit dengan tikungan yang sangat tajam.

“Kalau di vespa tingkat andrenalinnya lebih tinggi dibandingkan sepeda motor lain,” pungkasnya.

(radar sukabumi/why)


loading...

Feeds