Maling Kotak Amal di Masjid Ciaulpasir Sukabumi Terekam CCTV

Maling kotak amal terekam CCTV

Maling kotak amal terekam CCTV

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Aksi pencurian kotak amal masjid, kembali terjadi. Kali ini, pelaku pencurian berhasil tertangkap kamera pengintai (CCTV) saat menjalankan aksinya di Masjid Birrul Walidain Kampung Ciaulpasir Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi pada Senin (6/8) siang.

Dalam rekaman tersebut memperlihatkan seorang pelaku yang masuk ke dalam masjid sekitar pukul 14.00 WIB.

Aksinya ini terbilang nekad karena pelaku beraksi di siang hari dan sadar apabila di dalam masjid terdapat CCTV. Apalagi saat itu, banyak orang disekitar masjid yang sedang melakukan pembangunan rumah.

Salah seorang pengurus masjid, Aulia Abdusyukur (36 tahun) mengungkapkan, dari hasil rekaman kamera pengintai, awalnya pelaku masuk ke dalam masjid dengan berpurapura mengambil air wudlu yang berada disamping masjid. Tak lama kemudian, pelaku ini kembali masuk ke dalam masjid untuk melakukan pamantuan lokasi.

“Dia juga sengaja menutup rapat pintu dan jendela masjid. Sebab pintu dan jendela yang terbuat dari kaca ini terlihat gelap kalau dari arah luar,” ujar Aulia atau yang karib disapa ola ini.

Ditambahkan dia, pelaku yang menggunakan kaos lengan panjang itu sempat berpura- pura solat saat ada orang yang hendak ikut ke WC. Lantaran lama, pelaku ini kemudian mengecek ke WC, untuk memastikan orang yang datang tersebut sudah tidak di lokasi.
“Nah, setelah dirasa aman dia kemudian menjalankan aksinya dengan menggondol kotak amal. Sekitar satu menit berselang si pelaku melarikan diri,” terangnya.

Aulia mengakui aksi pencurian kotak amal masjid ini sudah terjadi berulang kali di tempatnya. Bahkan pelaku juga pernah melakukan hal serupa di sejumlah masjid lainnya di Kota Sukabumi.

“Warga gerah dan penasaran serta berharap mudah-mudahan bisa terungkap siapa pelakunya,” imbuh dia.

Lantara kesal, Ola pun sempat memposting kejadian yang dialami di masjidnya itu. Sontak, beberapa menit kemudian banyak yang menanggapi dari warga net.

“Setelah saya posting, ada juga yang mengirim potongan video dengan pelaku yang sama dari warga net asal Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Sementara itu, Polres Sukabumi Kota melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian uang di kotak amal atau keropak masjid. Hal ini dilakukan karena sebelumnya warga resah dengan aksi pencurian uang di kotak amal masjid dalam beberapa waktu terakhir.

“Setelah mendapatkan informasi dari warga setempat, kepolisian langsung melakukan penyelidikan,” ujar Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Budi Nuryanto kepada wartawan, Selasa (7/8/2018).

Salah satunya dengan menyelidiki rekaman kamera CCTV yang kini viral di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan aksi pelaku ketika melakukan pencurian uang di dalam kotak amal masjid.

Rekaman CCTV ini akan menjadi bahan untuk kepolisian untuk mengetahui siapa identitas pelaku pencuri kotak amal masjid. Saat ini lanjut Budi, kepolisian tengah berkoordinasi dengan dewan kemakmuran masjid (DKM) agar pengamaman lebih diperketat lagi.

Selain itu mengimbau kepada masyarakat jika memiliki anak dibawah umur agar menghindari perbuatan pencurian yang akhirnya akan berdampak terhadap hukum.

(radar sukabumi/why)


loading...

Feeds

Konsep render diduga iPad terbaru. (Viktor KadarVia9to5Mac)

Beginikah Model IPad Terbaru?

APPLE telah mengonfirmasi akan menjadi tuan rumah acara pada 30 Oktober mendatang. Dari sana banyak pihak berharap bahwa iPad baru akan …