Masuk Musim Pancaroba, RSUD Bunut Sukabumi ‘Kebanjiran’ Penyakit ISPA

ilustrasi ISPA

ilustrasi ISPA

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Memasuki musim pancaroba, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamsudin SH atau yang dikenal Bunut mulai didatangi masyarakat yang mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Diare. Hal tersebut diduga dari pengaruh udara turun naik yang melanda wilayah di Sejumlah Kota Sukabumi.

Asisten dokter di RSUD Bunut, Della mengatakan, saat ini banyak pasien yang masuk dengan keluhan penyakit yang sama yakni penyakit gangguan saluran penapasan dan pencernaan. Hal, tersebut selain dari pengaruh cuaca dipengaruhi juga dengan prilaku masyarakat yang peduli dengan hidup sehat.

“Penyakit yang sering menyerang tubuh seseorang dalam kondisi seperti ini biasanya berkaitan dengan gangguan saluran pernapasan dan gangguan pencernaan,”ujar Della kepada Radar sukabumi (Grup Pojokjabar).

Sementara untuk pertanda keluhan umum yang dirasakan oleh pasien mulai dari demam, batuk, influenza, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Menurutnya, penyakit tersebut memang terkesan biasa.

Namun, jika dibiarkan justru akan sangat mengganggu penderita. Berdasarkan informasi yang dihimpun koran ini, sedikirnya ada sembilan sampai 10 orang pasien per hari yang datang untuk berobat.”Biasanya pasien yang datang didominasi anak-anak, “jelasnya.

Ditempat yang sama, Dandi (30) yang merupakan seorang perawat di rumah sakit tersebut membenarkan bahwa akhir-akhir ini banyak pasien yang datang dengan keluhan yang sama yakni penyakit ISPA dan Pencernaan. Bahkan, ada yang sampai dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Akhir-akhir ini banyak pasien yang datang dengan keluhan tersebut (ISPA dan gangguan pencernaan red), bahkan sampe ada yang dirawat inap. Karena dehidrasi dan kesulitan bernapas, “jelasnya.

Menurut dia, ketahanan tubuh seseorang sangat berperan penting dalam kondisi seperti ini, semakin kuat fisik seseorang semakin kecil kemungkinan virus menerjang ke tubuh seseorang. Oleh karena itu, olahraga dan istirahat yang cukup merupakan faktor yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh seseorang. Bahkan, dirinya menghimbau agar masyarakat tidak salah tindakan dalam mengkonsumsi obat.

“Biasanya masyarakat mengkonsumsi obat antibiotik, padahal antibiotik hanya bisa membunuh bakteri sedangkan flu, batuk, dan radang tenggorokkan disebabkan oleh virus. Sebaiknya jika dalam 3 hari belum sembuh segera periksa kedokter,”

(radar sukabumi/PKL16/d)


loading...

Feeds

Rivalitas Persib dan Persija

Rivalitas Persib-Persija Sudah Tak Sehat

RIVALITAS antara pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung perlu mendapat perhatian khusus dari aparat keamanan, pemerintah, serta PSSI. Sebab, rivalitas …