Ramadhan, Pengunjung Perpustakaan Kota Sukabumi Meningkat 20 Persen

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi, Aam Mulyati mengatakan, memasuki minggu ke tiga di bulan Ramadhan, pengunjung perpustakaan mengalami lonjakan pengunjung sebanyak 20 persen.

“Para pengunjung terus meningkat dan di bulan puasa seperti ini, banyak sekali masyarakat yang lebih suka menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk membaca-baca buku dan mencari referensi terutama para mahasiswa,” ujarnya kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar) di Perpustakaan daerah Kota Sukabumi, Rabu (30/5).

Aam menjelaskan, pada bulan Ramadan ini banyak kampus yang sudah melakukan perjanjian kerja sama. Sehingga, mahasiswa banyak yang mengunjungi perpustakaan, apalagi saat ini memasuki musim penyusunan skripsi.

“Jadi mahasiswa sekarang ini mencari buku di sini sebagai sumber referensi sekripsi mereka,” jelasnya.

Jika biasanya pelayanan perpustakaan buka hingga pukul 20.00 WIB, kini hanya sampai Pukul 17.00 WIB dikarena bulan Ramadan dan petugaspun banyak yang berpuasa. Aam melanjutkan, Tahun depan Dispusipda Kota Sukabumi akan menambah koleksi buku untuk mendukung koleksi 78 ribu buku yang telah ada dan membangun satu lantai untuk ruangan tambahan sehingga dapat menunjang kapasitas Perpustakaan Daerah.

“Kami akan terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk buka layanan di hari Sabtu dan Minggu serta pengoperasian mobil perpustakaan keliling,” akunya.

Peningkatan pelayanan juga menyangkut keanggotaan yang terbuka bagi warga Kabupaten Sukabumi dengan syarat tempat tinggal mereka harus berjarak paling jauh 2 kilometer dari batas kota.

Sementara itu, salah seorang pengunjung perpustakaan Evi Fitriani mengatakan, perpustakaan Daerah Kota Sukabumi sangat menunjang untuk mencari bahan tugas membuat karya ilmiah.

“Buku-buku di perpustakaan ini mencukupi untuk menunjang kebutuhan kami dalam mengerjakan tugas dari kampus. Selama bulan puasa saya dan teman-teman lebih suka menghabiskan waktu di perpustakaan sambil ngabuburit,” kata Evi yang juga mahasiswi STAI Sukabumi.

Daya tarik Perpustakaan tersebut, lanjut Evi, di samping koleksinya lengkap juga ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti wifi, komputer, dan ruang baca yang nyaman. Selain mahasiswa, banyak juga kalangan dosen dan pelajar yang memanfaatkan fasilitas di Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi.

“Saya bisa seharian berada di perpustakaan. Kalau masuk waktu shalat, dzuhur atau ashar, saya bisa menggunakan mushola Perpustakaan Daerah sehingga tidak ada kewajiban agama yang terlewatkan,” pungkasnya.

(radar sukabmi/Cr17)

loading...

Feeds