Asyiknya… Jam Kerja PNS Sukabumi Berkurang Selama Ramadhan

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi selama bulan Ramadhan ini dikurangi satu jam. Pengurangan jam kerja itu menyusul setelah adanya surat edaran Mentri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menjelaskan, menindaklanjuti surat edaran Menpan-RB, pemerintah daerah ini kembali memperkuatnya dengan mengeluarkan surat edaran nomor 800/3168 BKSDM tentang jam kerja pada bulan Ramadhan.

“Jam kerja PNS dibulan Ramadan ini, bagi instansi yang melakukan lima hari kerja masuk pada pukul 08:00 WIB dan pulang pada 15:00 WIB. Artinya ada pengurangan satu jam dibanding bulan biasanya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), Kamis (17/5/2018).

Sedangkan bagi instansi yang melaksanakan enam hari kerja, lanjut Iyos, bisa pulang lebih awal dari instansi yang melaksanakan lima hari kerja. Menurutnya, pengurangan jam kerja itu dilakukan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa.

“Jika yang kerja enam hari, mereka masuk jam 08:00 WIB dan pulang jam 14:00 WIB. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa terutama bagi PNS yang beragama muslim,” sebutnya.

Bagi instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat, lanjut bos PNS ini, untuk persolan jam kerja ditetapkan oleh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masingmasing. Tetapi, dengan catatan tetap berpedoman kepada ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Termasuk bagi lembaga yang kerja lima hari, Sabtu dan hari libur lainnya harus juga mengatur siaga tugas, terutama pada hari raya Idul Fitri nanti,” terangnya.

Pihaknya meminta, bulan Ramadan tidak dijadikan alasan bagi PNS untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan, bulan suci ini harusnya menjadi momen untuk memperbaiki kinerja masing-masing demi Sukabumi lebih baik.

“Puasa tetap harus semangat, terutama peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Jadikanlah bulan suci ini jadi momen perbaikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Iwan Wirawan, PNS yang menjabat sebagai Kepala Seksi Distribusi dan Perdagangan di Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKPUKM) menilai, kerja dibulan Ramadan ini tidak membuatnya menjadi alasan untuk mengurangi semangat kerja. Terlebih, dirinya harus tetap memastikan distribusi, perdagangan dan kebutuhan pokok masyarakat dibulan Ramadan hingga hari raya nanti.

“Bagi saya justru ini menjadi bulan yang baik, kontrol distribusi barang, kebutuhan pokok ataupun sidak tetap kami lakukan untuk melayani kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

(radar sukabumi/Cr15)


loading...

Feeds

Kegiatan Alfamart Class. (ist)

Alfamart Class Hadir di Sejumlah SMK

DALAM rangka ulang tahun ke-19 Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya gelar pelatihan pemasaran di sejumlah sekolah kejuruan. Kegiatan tersebut serempak …