Mantap! Program KB di Kota Sukabumi Diapresiasi Provinsi

RAKER: Suasana Rapat Kerja Program Kependudukan, keluarga Berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang digelar di Hotel Tamansari,

RAKER: Suasana Rapat Kerja Program Kependudukan, keluarga Berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang digelar di Hotel Tamansari,

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Program Keluarga Berencana (KB) di Kota Sukabumi terus mengalami trend positif.

Bahkan capaian program tersebut dinilai melebihi skala Provinsi Jawa Barat bahkan hingga Nasional. Hal itu dikatakan langsung Kepala perwakilan Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, S.Teguh Santoso.

Menurut dia, penilain program yang dicapai Kota Sukabumi sudah melebihi Provinsi Jawa Barat yakni sekitar 68 persen, sedangkan capaian dari seluruh wilayah di Provinsi Jawa Barat hanya mencapai 63 persen.

“Tapi, ini belum rampung, karena rampungnya itu nanti tanggal 2019. Kita masih lihat lajunya seperti apa sampai tahun depan,” Kata Teguh kepada Radar Sukabumi disela-sela kegiatan Rapat Kerja (Raker) program Kampung KB yang di gelar oleh Dinas Pengendalian penduduk ,Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (Disdalduk, KB, P3A dan PM) Kota Sukabumi di Hotel Tamansari, Senin (16/5/2018).

Nilai posotif pada program ini harus di jadikan motivasi untuk membuat langkah lebih startegis lagi.

Sehingga saat program tersebut rampung di tahun 2019, bisa melebihi dari yang ada saat ini. Dimana diharapkan untuk balita dan ibu di Kota Sukabumi lebih sehat lagi.

Selain itu karena Kota Sukabumi memiliki 8,7 persen penduduk yang sudah Lanjut usia (Lansia). Penyehatan untuk lansia dengan program kampung KB harus lebih ditingkatkan lagi.

“Ini juga harus diutamakan dalam program kampung KB, sebagai bentuk pengendalian penduduk,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dilduk, KB, P3A dan PM, Lilis Astri Suryanita mengatakan Raker Kampung KB Tahun 2018 ini, merupakan penjabaran langkah-langkah implementasi, monitoring dan evaluasi kegiatan, yang akan dilaksanakan di setiap Kampung KB di Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuan dicanangkannya Kampung KB di Kota Sukabumi ini, yakni untuk meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat khususna di setiap Kampung KB di Kota Sukabumi yang sejajar dengan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKB-PK) serta pembangunan sektor-sektor lainnya yang berkaitan dalam rangka upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Lilis, mengungkapkan jika saat ini sudah ada delapan kampung KB yang tersebar di tujuh kecamatan Kota Sukabumi. Ditargetkan tahun 2018 ini terbentuk tujuh kampung KB baru.

“Kemarin kampung KB untuk di setiap kecamatan dan satu Kampung KB sebagai pilot Project, setiap tahun kita targetka tujuh secara bertahap, nanti diharapkan setiap kelurahan ada kampung KB artinya kita masih punya PR sebanyak 25 lagi,” ungkap Lilis.

Kesuksesan Kampung KB di Kota Sukabumi, kata Lilis, berkat dukungan dari Pemda, masyarakat, tokoh masyarakat dan para aparatur Pemerintah setempat. Lilis, mengaku jika selama ini program Kampung KB didanai dari DAK, untuk kedepannya di harapkan akan ada anggaran tambahan dari APBD, sehingga program ini lebih maksimal lagi.

“Kita selama ini hanya dari dana DAK untuk program KB di Kota sukabumi,”Pungkasnya.

(radar sukabumi/cr17)


loading...

Feeds