Empat Rumah di Ciaulpangkalan Sukabumi Disapu Longsor

Longsor di Ciaulpangkalan rusak empat rumah warga

Longsor di Ciaulpangkalan rusak empat rumah warga

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI –– Sebanyak empat rumah warga di Kampung Ciaulpangkalan RT6/14, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, diterjang longsor, Minggu (15/4/2018).

Akibatnya enam rumah warga tersebut mengalami rusak berat dan membutuhkan bantuan.

Dari informasi yang diperoleh, insident itu terjadi saat wilayah Kota Sukabumi diguyur hujan sekitar pukul 15.30 WIB.

Akibatnya, tanggul selokan yang berada beberapa meter di atas rumah warga tidak kuat menahan tingginya debit air hingga mengakibatkan tembok selokan jebol dan menghantam pemukiman warga.

Salah seorang warga Kampung Ciaulpangkalan RT6/14, Ida laela (34) mengatakan, saat kejadian dirinya tengah berada di dalam rumah dan melihat air masuk melalui pintu samping rumahnya. Sontak, hal ini membuatnya kaget dan langsung keluar rumah. Tak lama kemudian, rumahnya pun tergendang air dan lumpur.

“Saya kaget setelah mendengar gemuruh di belakang rumah saya tak lama kemudian air dan lumpur memenuhi ruangan rumah saya hingga tempat tidurpun ikut tergendang,” kata Ida.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Hendar Iskandarsyah menerangkan, saat ini BPBD masih melakukan pendataan rumah rusak serta yang terancam.

Selain itu, juga berupaya mengevakuasi longsor agar mengantisipasi adanya longsor susulan akibat debit air yang menerjang pemukiman warga setempat.

“Setelah adanya informasi dari warga adanya kejadian longsor, kami langsung menuru kelokasi untuk melakukan evakuasi dan asassemen. Tiga bangunan sambungan dari Hal 9 rumah yang diisi empat Kartu Keluarga (KK) yakni Adang, Mimi, Santi dan Usep dengan kerugian sekitar Rp 30 juta,” terangnya.

Setelah dilakukan asassemen jelas dia, maka akan diketahui berapa rumah yang terancam longsor hingga mengetahui kerugiannya kerena sampai saat ini BPBD belum bisa memprediksi kerugian dampak longsor itu.

“Jika sudah dilakukan asassemen kita akan mengetahui bantuan apa yang harus diberikan kepada warga yang terkena bencana ini,” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr16)


loading...

Feeds