Dua Titik Longsor Ancam Warga Cidadap Sukabumi

Ilustrasi longsor

Ilustrasi longsor

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Musibah longsor kembali terjadi di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Kali ini, musibah tersebut mengancam warga Kampung Babakansempur, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Pantauan Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar), di desa itu terdapat dua titik lokasi longsor yang membuat sebagai warga merasa khawatir, terlebih adanya longsong susulan.

Meski tidak ada korban jiwa, namun material longsor yang berasal dari bukit kecil di Babakansempur RT 05/12 Desa Cidadap Kecamatan Simpenan itu, menghantam rumah milik Tajudin (56) sekitar pukul 01.00 WIB, Senin (12/3/2018).

“Beruntung ada kayu bakar,  jadi material longsornya tertahan.  Alhamdulillah tidak sampai jebol,  hanya retak sedikit,”  jelas Tajudin.

Ia juga mengaku sempat bergegas mengeluarkan barang barangnya lantaran takut rumahnya roboh. Sebab,  lumpur tanah sudah masuk ke rumahnya dan terhantam batu.

“Saya juga khawatir karena ada cucu saya yang masih bayi,”  imbuhnya.

Tidak hanya itu, longsor juga menggerus jalan aspal di Kampung Babakansempur,  RT 01/11, Desa Cidadap,  Kecamatan Simpenan tak jauh dari Jembatan Cidadap.  Namun pejalan kaki dan pemotor masih bisa melintas meski harus lebih hati-hati.

“Jalan ini tergerus sekitar 30 meter.  Kalau hujan turun,  kayaknya ada longsor susulan.  Jadi jalan di atas dinding sungai ini harus segera didam,” kata Kaur Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)  Desa Cidadap,  Nana Sumarna.

Menurutnya,  pihak desa sudah melakukan pengecekan dan melapodkan kejadian itu kepada pimpinannya serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi untuk segera ditindak lanjuti.

“Mudah-mudahan tidak ada longsor susulan, “ harapnya.

(radar sukabumi/ryl)


loading...

Feeds