Mau Mudik Gratis? Dishub Kota Sukabumi Sediakan 17 Bus, Begini Caranya

RAMAH: Sejumlah petugas Dishub Kota Sukabumi, Kota Sukabumi melayani warga yang ingin ikut mudik gratis.

RAMAH: Sejumlah petugas Dishub Kota Sukabumi, Kota Sukabumi melayani warga yang ingin ikut mudik gratis.

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Meski lebaran Idul Fitri masih lama, namun dari jauh hari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi sudah membuka layanan Mudik Gratis 2018. Pemberangkatan akan dilaksanakan pada 9 Juni, mendatang.

“Layanan mudik gratis ini sudah bisa diakses warga dari sekarang,”kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kota Sukabumi, Imran Whardani.

Ditegaskan Imran, pemberangkatan mudik gratis ini tidak akan mengganggu jalannya Pilkada Serentak di Kota Sukabumi khususnya, yang akan dilangsungkan pada 27 Juni. Sebab, pihaknya terus mensosialisasikan kepada peserta mudik gratis yang berdomisili di Kota Sukabumi dan telah memiliki hak suara, tentang perlunya mensukseskan pesta demokrasi nanti.

“Kami akan terus mengingatkan kepada mereka, untuk kembali lagi ke Kota Sukabumi sekitar tanggal 25 Juni atau 2 hari sebelum Pilkada,“tuturnya.

Menurutnya, peserta mudik gratis tersebut kebanyakan sudah memiliki Kartu tanda Penduduk (KTP) Kota Sukabumi dan punya hak pilih untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi pilihan mereka.

“Sejak dibuka sampai 8 Maret saja sudah ada 154 peserta untuk ikut program ini, hampir semua peserta sudah memiliki KTP domisili Kota Sukabumi dan kami masih membuka pendaftaran kok makanya segera daftar dengan datang ke kantor Dishub ya,”imbaunya.

Cara untuk ikut program mudik gratis ini cukup mudah. Peserta harus mempersiapkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK) dan STNK untuk peserta yang membawa kendaraan bermotor.

“Tahun ini, Dishub telah menyiapkan 15 bus dan dua bus sedang diajukan kepada kepala daerah,”terangnya.

Sehingga total kuota sebanyak 17 bus atau sekitar 850 peserta, jika dihitung setiap bus sekitar 50 penumpang. Sedangkan pada 2016 lalu, pihaknya memberangkatkan sebanyak tiga bus, di 2017 sebanyak 11 bus.

“Ada dua arah pemberangkatan program mudik gratis ini, yaitu Yogyakarta dan Solo,”tutur Imran.

Hanya saja, untuk pemberangkatan arah ke Yogyakarta dibagi menjadi dua rute. Yaitu via tengah dan via Selatan. Sehingga dari 17 bus dibagi menjadi tiga rute.

“Nanti akan diberangkatkan secara bersamaan sekitar tanggal 8 atau 9 Juni 2018 mendatang,”ulasnya.

Saking pedulinya terhadap pemudik, Dishub Kota Sukabumi juga menyiapkan truk khusus bagi para peserta mudik gratis yang ingin membawa kendaraan motornya. Imran berharap, dengan adanya mudik gratis ini masyarakat dapat terbantu untuk melaksanakan mudik ke kampung halamannya dan kembali sebelum 27 Juni, karena untuk mesukseskan Pilkada 2018 nanti.

“Semoga masyarakat bisa terbantu dengan mengurangi biaya mudik dan selamat sampai tujuan, jangan lupa kembali sebelum hari H untuk menggunakan hak pilihnya memilih pemimpin baru,”ajaknya.

Sementara itu, program Mudik Gratis Dishub Kota Sukabumi 2018 disambut baik warga. Parman, misalnya. Pria berusia 57 tahun yang juga warga Kota Sukabumi ini akan mudik ke kampung halamannya di Solo.

“Alhamdulillah saya merasa sangat terbantu dalam mudik gratis ini, karena bisa mengurangi biaya mudik dan sudah dua kali ikut mudik bareng ini di 2017 dan tahun ini,”ulasnya.

(radar sukabumi/Cr17/t)


loading...

Feeds