Asyik! Nabung Sampah di Gunungpuyuh Kota Sukabumi Dapat Rupiah

Ilustrasi Bank Sampah.

Ilustrasi Bank Sampah.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi melalui bidang Pelayanan Kebersihan mengadakan sosialisasi tentang bank sampah di Masjid Bila Jalan Sriwedari 06, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi baru-baru ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kebersihan DLH Kota Sukabumi, Endah Aruni Sumarna mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diinstruksikan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup(KLH). Sebagai targetan di 2020 nanti, Indonesia bebas sampah.

“Kita coba memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa sampah juga bisa berharga,”ujar Endah Aruni Sumarni kepada Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar).

Dalam sosialisasi itu, pihaknya memberikan pemahaman tentang pemanfaatan sampah itu sendiri. Warga diajaknya memilah sampah organik dan non organik.

“Jika sudah dipilah, nanti dikumpulkan di bank sampah,” katanya.

Sampah yang dikumpulkan di bank sampah oleh warga, nantinya akan mendapat sejumlah uang.

“Harganya tergantung dari setiap pengurus bank sampah masing-masing,” terangnya.

Selain di Gunungpuyuh, kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Sukakarya, Limusnunggal dan Majelis Al-Hidayah.

“Kami menargetkan tahun ini sebanyak 720 peserta dapat mengikuti sosialisasi,”tuturnya.

Mereka diharapkan bisa menyebarkan pentingnya bank sampah ke warga lainnya. Dalam setiap sosialisasi, selalu dibentuk pengurus bank sampah. Mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara untuk mengkoordinir yang nantinya akan diresmikan di bawah naungan setiap kelurahan.

“Dengan adanya bank sampah, mudah-mudahan masyarakat peduli akan sampah untuk dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berharga, sehingga tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan,”tandasnya.

Sementara itu, ketua pelaksana sosialisasi, Mayang Asri Rahmat Tunisa menambahkan, peserta yang hadir mencapai 261 orang.

“Yang hadir sebanyak 261 orang, terdiri dari majelis ibu-ibu di sini dan masyarakat sekitar. Semoga bisa terlaksana apa yang diharapkan dengan banyaknya yang hadir,”singkatnya.

(radar sukabumi/Cr17)

Loading...

loading...

Feeds