Juni, Dishub Kota Sukabumi Janji Perbaiki Jalan Julius Usman

DIKELUHKAN WARGA: Beginilah suasana di siang hari ruas Jalan Julius Usman, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi yang rusak parah.

DIKELUHKAN WARGA: Beginilah suasana di siang hari ruas Jalan Julius Usman, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi yang rusak parah.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Tahun ini, Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi masih fokus pada pembangunan infrastruktur jalan. Tapi tidak semua jalan dibangun beraspal. Pembangunan jalan tersebut sesuai skala prioritas.

Hingga berita ini diturunkan, diketahui Jalan Julius Usman, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyog lah yang menjadi prioritas utama perbaikan jalan di 2018.

“Bulan Juni 2018 mendatang, kami pastikan Jalan Julius Usman diperbaiki ukurannya sepanjang 200 meter dan lebar 5 meter,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dishub Kota Sukabumi, Suhendar Syarief saat ditemui Radar Sukabumi di kantornya, Selasa (9/1/2018).

Dirinya enggan menyebut berapa jumlah anggaran yang dikucurkan dalam perbaikan jalan tersebut.

“Kalau soal besarnya anggaran kita belum bisa utarakan, tapi yang jelas Juni mendatang jalan itu menjadi program perbaikan jalan tahun ini,”katanya.

Pria yang akrab disapa Hendar itu menjelaskan, ada dua kemungkinan dalam proses perbaikannya.

“Bisa dicor seperti yang telah dilakukan di Jalan Stasiun Timur, atau bisa juga diperbaikinya hanya dengan diaspal biasa saja, intinya disesuaikan dengan anggaran yang ada untuk perbaikan di Jalan Julius Usman ini,”ujarnya.

Lantas kenapa Jalan Julius Usman yang akan diperbaiki? Hendar menjelaskan, Jalan Julius Usman menjadi prioritas utama perbaikan, karena sesuai dengan hasil pemetaan yang telah dilakukan.

“Bidang bina marga sudah jauh hari melakukan pemetaan, dan hasil dari pemetaan itu Jalan Julius Usman lah yang tergolong paling parah tingkat kerusakannya,”imbuhnya.

Jumlah jalan kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, memiliki luas 115 KM dengan 150 ruas jalan.

Sejumlah jalan tersebut dikategorikan empat yaitu jalan baik, jalan rusak sedang, jalan rusak ringan dan jalan rusak parah. Tahun lalu, Bina Marga Dishub
Kota Sukabumi menargetkan 75 persen jalan dalam kategori baik dari jumlah 115 KM tersebut selesai di akhir 2017.

“Alhamdulillah, target perbaikan jalan yang ingin kita capai di 2017 yaitu 75 persen itu akhirnya tercapai bahkan over target menjadi 80 persen, dari jumlah 115 KM sebanyak 80 persennya sudah menjadi jalan kategori baik,”ulasnya yang menyebut selama 2017 fokus perbaikan jalan di jalan perbatasan seperti Jalan Ciaul Pasir dan jalan yang menyokong pada jalan nasional.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman menambahkan, dinasnya memiliki program yang diprioritaskan yaitu Siaga Jalan Bolong ( Sijabol).

Di mana program itu untuk menampung keluhan masyarakat terhadap jalan rusak di Kota Sukabumi. Ini akan membantu Dishub, dalam pemetaan untuk perbaikan jalan rusak.

“Semoga masyarakat aktif melaporkan kepada Dishub jika ada jalan yang rusak melalui program Sijabol ini, sehingga kita bisa mengantisipasi dan dimasukan dalam pemetaan,”ajaknya.

(radar sukabumi/Cr17/t)

loading...

Feeds