Pilwalkot Sukabumi, Siapa’Jodoh’ Hanafie?

Hanafie Zain

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Meski namanya sudah melejit ditengah-tengah masyarakat Kota Sukabumi, sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota Sukabumi, Hanafie Zain.


Namun, hingga sampai saat ini sosok mantan sekda ini masih menunggu pasangannya untuk menemani maju di Pilwalkota 2018 mendatang.

Soalnya, pendamping Hanafie yang bakal diusung oleh koalisi gotong royong yang diisi oleh PKB dan PDI Perjuangan itu masih membahas calon pendampingnya di tingkat DPP.

“Ia benar, pendamping Pak Hanafie masih di bahas di DPP. Saya rasa, Pak Hanafie masih bisa menunggu dan bersabar ya, waktu juga masih banyak lah,” ungkap Ketua DPC PKB Kota Sukabumi, Havidz Sutansyah kepada koran ini, Senin (25/12/2017).


Menurut Havidz, dirinya tidak dapat berbuat banyak mengenai kapan kebijakan pendamping jagoannya di Pilwalkot Sukabumi tahun 2018 nanti diputuskan. Pasalnya, domain itu menjadi kebijakan dari DPP untuk melakukan komunikasi lintas partai, termasuk dengan PDI Perjuangan.

“Harapan saya bisa secepatnya ya, tapi kan saya tidak bisa intervensi kalau sudah urusan dengan pusat. Tapi, kalau melihat waktu pasti secepatnya pendamping Pak Hanafie itu akan ada,” katanya.

Mengenai dengan siapa yang bakal dipilih, dirinya tidak dapat mengetahuinya. Soalnya, partai koalisi gotong royong banyak mengajukan nama calon pendamping. Mulai dari Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, Jona Arizona, Ketua DPC Partai Hanura Kota Sukabumi, Bayu Waluya serta Mantan Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Yanti Indri.

“Dari keempat nama itu, DPP PDI Perjuangan dan PKB akan memutuskannya. Saat ini, semuanya masih dibahas ya, kita liat saja nanti,” terangnya.

Akibat belum adanya pendamping Hanafie, kata Havidz, semua itu tidak berpengaruh terhadap proses konsolidasi yang dilakukan oleh jagoannya saat ini. Pasalnya, Hanafie menjadi sosok yang dapat diterima oleh semua kalangan.

Lantaran menurutnya, relasi selama dirinya menjadi birokrat selama 32 tahun direspon positif oleh masyarakat.

“Pak Hanafie bergerak seorang diri saja sudah mendapatkan respon yang bagus. Kalau bergerak dengan pendampingnnya, bisa lebih bagus lagi. Semua itu, karena buah dari pengabdiannya selama ini di Kota Sukabumi. Masyarakat melihatnya pengalamannya, kinerjanya serta kepribadian Pak Hanafie yang sederhana dan merakyat,” paparnya.

(radar sukabumi/sep/d)