Lho Uang Kompensasi Perusahan Batu Kapur di Padabeunghar Kok Tak sampai ke Warga?

Ilustrasi truk. (ist)

Ilustrasi truk. (ist)

Cari Aman

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Tambang Batu Kapur di Kecamatan Jampangtengah sudah berdiri lama. Tapi ternyata, warga di Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi masih ‘buta’ terkait konpensasi dari pihak perusahaan untuk masyarakat sekitar.

Merekapun mempersoalkan dana kompensasi dari perushaan tambang bahan batu kapur yang disalurkan kepada warga terdampak karena dinilai tak tepat sasaran.

Warga merasa kesal karena bantuan dari perusahaan tersebut, tidak diterima oleh warga. Padahal, seiring dengan banyaknya kendaraan besar over kapasitas yang kerap melintas di Jalan Raya Padabunghar Bojonglopang.

Seorang warga Kampung Padabeunghar, RT 4/1, Eri (45) mengatakan, warga merasa geram akibat kendaraan berat yang mengangkut bahan baku untuk pembuatan semen ini, telah merusak belasan rumah yang berada di pinggir jalan provinsi tersebut.

Menurutnya, pada Selasa (23/5) lalu, puluhan warga sempat melakukan mediasi dengan perusahaan yang difasilitasi oleh pemerintah desa dan Muspika Kecamatan Jampangtengah untuk menyikapi keluhan ini.

Akhirnya, kedua belah pihak sepakat, bahwa pihak perushaan akan memberikan dana kompensasi sebesar Rp35 juta perbulannnya yang harus digunakan untuk kepentingan warga.


loading...

Feeds