KPU Kota Sukabumi: Syarat Verfi Kasi Parpol Minimal 1/1.000

VERIFIKASI: KPU Kota Sukabumi sedang melakukan pendaftaran verifi kasi partai politik sebagai calon partai pemilu 2019.

VERIFIKASI: KPU Kota Sukabumi sedang melakukan pendaftaran verifi kasi partai politik sebagai calon partai pemilu 2019.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sejak 3 Oktober lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi membuka pendaftaran verifikasi partai politik (parpol). Berdasarkan undang-undang dan peraturan KPU, syarat minimal jumlah anggota suatu parpol itu 1/1.000 dari jumlah penduduk.

Rencananya, pendaftaran verifi kasi parpol akan dibuka hingga 16 Oktober mendatang. “Jika melihat ukuran Kota Sukabumi syarat anggotanya minimalnya harus sekitar 334 KTA, karena didasari dengan jumlah penduduk Kota Sukabumi sekitar 334 ribu jiwa,” ujar Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Sukabumi, Dedi Setiadi, senin (9/10/17).

Berkas data administrasi yang didaftarkan oleh parpol kata Dedi akan disinkronisasi dengan data yang terdapat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Berkas pendaftaran setiap Parpol itu terdiri dari daftar nama dan jumlah anggota termasuk KTP (kartu tanda penduduk) dan KTA (kartu tanda anggota).

“Kalau belum memiliki KTP, nanti bisa dilampirkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarntya. Dijelaskannya, data dalam softcopy pada Sipol dan hardcopy dalam berkas yang dibawa setiap parpol sinkron, maka secara administrasi KPU akan memberikan tanda terima.

Loading...

loading...

Feeds