Batik Lokatmala Sukabumi Hasil Konsultasi Jawara

BANGGA: Pemilik batik Lokatmala Sukabumi, Fonna Melania tunjukkan salah satu motif batik Leuit Si Jimat yang telah diciptakannya. Saat ditemui digerainya di jalan Kenari 20-Z Kota Sukabumi, senin (2/10/17). NA/RADARSUKABUMI

BANGGA: Pemilik batik Lokatmala Sukabumi, Fonna Melania tunjukkan salah satu motif batik Leuit Si Jimat yang telah diciptakannya. Saat ditemui digerainya di jalan Kenari 20-Z Kota Sukabumi, senin (2/10/17). NA/RADARSUKABUMI


“Namun ketika itu ada raksasa yang merusak seluruh hutan, sehingga gunung rusak air pun tidak ada. Dan Nyimas Ciwangi menenun dari serat suji. Berdoa pergi ke gunung dan hasil dari tenunan disebarkan, dari serat tenunan pohon suji tumbuh dengan lebatnya di hutan. Dan raksasa pun kagt lari ke arah Cikundul dan mati kena air panas,” jelasnya.

Nilai jual batik bukan hanya dipengaruhi oleh motif, namun juga dipengaruhi oleh proses. Untuk perintang warna, model tiruan batik yang tidak asli, akan dapat mencabut haki, Karena menurut Fofon bukan motif batik yang dinilai akan tetapi proses dari pembuatan batiknya.

Batik sendiri sudah masuk sebagai warisan budaya dari UNESCO hanya dua jenis yang diakui yaitu dengan cara lukis dan cap. Sementara printing sendiri tidak, untuk batik lukis harus memakai lilin malam cair panas untuk perintang warna. Pengakuan UNESCO itu bisa gugur jika batik banyak printingan.

“Motifnya mau apapun, yang terpenting proses dari penggunaan lilin malam, prosesnya yang menjadikan nilai. Saya membatik dengan cara manual ada juga dengan menggunalan Cap. Oleh karenanya dari segi harga pun berbeda.

Tidak hanya untuk kain kebaya dan iket, batik Lokatmala juga sudah terlukis di atas tas, sandal hingga sepatu. Ada dua jenis cara pemrosesan batik di tempat itu mulai dari lukis menggunakan canting sampai model cap menggunakan alat khusus,” jealsnya.

Fofon juga bersyukur batik Lokatmala sudah dikenal dinegara lain seperti Denmark,Yunani, Malta dan Jepang. Untuk luar negeri, batik tulis paling diminati seperti motif kujang. Tak hanya itu, kini batik Lokatmala pun sudah banyak diminati oleh pribumi sendiri. Bahkan pemerintah daerah pun banyak yang memesan batik Lokatmala tersebut.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds