Potret Kemiskinan Sukabumi: Selama 10 Tahun, Ketua RT Huni Bekas Kandang Ayam

POTRET KEMISKINAN: Bangunan tidak layak huni yang menjadi rumah Herdiansyah dan istri beserta anaknya di Kampung Bojongkuring RT 2/26 Kelurahan Cibadak. 
FOTO: ANDRI/RADARSUKABUMI

POTRET KEMISKINAN: Bangunan tidak layak huni yang menjadi rumah Herdiansyah dan istri beserta anaknya di Kampung Bojongkuring RT 2/26 Kelurahan Cibadak. FOTO: ANDRI/RADARSUKABUMI

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebuah bangunan berdindingkan bilik bambu beratapkan seng yang berdiri di atas kolam ikan, menjadi tempat tinggal satu keluarga di Kampung Bojong Kuring RT 2/26 Kelurahan/Kecamatan Cibadak.

Tak layak memang, karena bangunan ini bekas kandang ayam. Tapi bagi Herdiansyah (39) beserta istrinya Erni Sumarni (32), juga kedua anaknya Jihan Amanda (10) dan Muhammad Yaser yang berusia 2,5 tahun, bangunan berukuran 3 x 2 meter ini menjadi pilihan.

Keluarga ini tak bisa memiliki rumah yang layak karena hidup di bawah garis kemiskinan. Rumah ini begitu sempit, sehingga penghuninya harus berbagi ruang.

Ketika malam, angin masuk ke dalam ruangan, karena dinding bilik bambu tidak dapat menahan embusan angin.

Kondisi kian memprihatinkan ketika air hujan menyelinap masuk melalui lubang-lubang di atap seng yang bocor. Tetasan air tampak jelas membasahi tikar.

Di dalamnya, hanya ada selembar kasur lepek dengan sepasang bantal dan guling untuk tidur. Saat malam, kondisinya begitu redup karena hanya mengandalkan bohlam 5 watt sebagai sumber penerangan.

loading...

Feeds