Pembangunan Jalan Tol Bocimi Mencapai 30 Persen

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Progres pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), menunjukkan perkembangan positif sesuai rencana pemerintah pusat. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa mengaku, pembangunan fisik untuk tahap pertama yakni Bogor-Cigombong, sudah mencapai 30 persen dari panjang jalan 15.1 kilometer.

“Penyelesaian pembangunan jalan tol seksi I itu ditargetkan selesai sampai Desember 2017. Itu harus berjalan sesuai dengan rencana,” ujarnya usai menjadi narasumber kuliah umum di Politeknik Sukabumi, Kamis (9/2/2017).

Untuk seksi II dari Cigombong-Cibadak, masuk dalam tahap pembebasan lahan. Iwa mengakui, dalam proses pembebasan lahan jalan tol memang ada beberapa faktor yang memperlambat pembebasan. Salah satunya yakni banyaknya spekulan tanah.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada kepala daerah Kabupaten dan Kota Sukabumi untuk terjun ke lapangan membantu proses pembebasan lahan.

“Pemerintah bekerja sama dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mempermudah pembebasan lahan dan menyelesaikan permasalahan tanah. Tidak boleh ada pengaruh dari pihak manapun yang mengganggu proses pembebasan lahan. Ini megaproyek yang strategis untuk memajukan Sukabumi Selatan dan Kota Sukabumi. Di lapangan tidak boleh ada hambatan,” tegasnya.

loading...

Feeds