Karena Hal Ini, Dana Insentif Daerah Pemkot Sukabumi Turun Drastis

ilustrai uang

ilustrai uang

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dana insentif daerah (DID) yang diterima Pemerintah Kota Sukabumi dari pemerintah pusat tahun ini mengalami penurunan drastis. Dari Rp42 miliar, kini hanya mendapatkan Rp7,5 miliar.

DPRD menduga, penyebab turunnya anggaran tersebut karena ada kriteria penilaian dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terhadap daerah yang mendapatkan DID.

Ia juga menilai, pemberian dana tersebut tak hanya fokus pada opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan dan Penetapan Peraturan Daerah (LKPPD) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tepat waktu.

“Namanya DID itu adalah reward dari pemerintah pusat. Ada parameter lain yang menjadi kriteria penilaian. Saya menduga turunnya besaran DID tahun ini akibat ada beberapa parameter lain yang kurang diperhatikan,” ujar Anggota DPRD Kota Sukabumi, Rojab Asyari, Selasa (31/1/2017).

Sebenarnya, kata Rojab, dari awal DPRD sudah mengingatkan jajaran pemkot agar jangan terlena dengan opini WTP dan tepat waktunya penetapan APBD yang telah diraih.

Pasalnya, kriteria mendapatkan DID tahun ini bisa dibilang lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

loading...

Feeds