Awas… Tak Ada Label Halal MUI, Beragam Mie Asal Korea Beredar di Sukabumi

Mie instant Samyang (ilustrasi)

Mie instant Samyang (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebuah produk mi instan bernama Samyang belakangan membuat masyarakat resah. Penyebabnya, mi asal Korea Selatan itu tidak mencantumkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Mi yang sudah dipasarkan di berbagai daerah di wilayah Indonesia termasuk kota dan Kabupaten Sukabumi itu, hanya mencantumkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh lembaga Korean Muslim Federation (KMF). Masyarakat menilai, sertifikat halal dari KMF itu tidak menjamin kehalalan produk makanan tersebut.

Pantauan Radar Sukabumi di lapangan, banyak nama mi asal Korea Selatan itu ditemukan di beberapa swalayan di Kota Sukabumi.

Yakni, Kimchi Ramen, Samyang Ramen, Yukgaejang, Sutah Ramen, Hot Chicken Ramen, Hot Chicken Ramen Big Bowl serta Hot Chicken Ramen Cup.

Dari setiap mi kemasan tersebut, hanya tertera adanya nomor yang dikeluarkan oleh BPOM serta nama perusahaan pengimpor.

“Ya benar, produk mi itu tidak ada label halal yang dikeluarkan oleh MUI. Jadi, harus ada dulu dari MUI jika dipasarkan kepada masyarakat,” ungkap Sekretaris MUI Kota Sukabumi, KH M Kusoy kepada Radar Sukabumi, Jumat (20/1/2017).

GRAFIS: YUZHAR/RADARSUKABUMI

GRAFIS: YUZHAR/RADARSUKABUMI

Menurut Kusoy, setiap prosuk makanan yang dipasarkan kepada masyarakat harus terjamin kehalalannya. Maka dari itu, pihak MUI selalu melabeli setiap jenis makanan yang akan dipasarkan tersebut.

loading...

Feeds