Sungai Dipersempit, Timbulkan Banjir di Wilayah Kabupaten Sukabumi

FOTO:DOKBPBD
MEMANTAU: Salah seorang perwakilan pejabat saat memantau bencana banjir di Kecamatan Ciemas, Selasa (17/1/2017).

FOTO:DOKBPBD MEMANTAU: Salah seorang perwakilan pejabat saat memantau bencana banjir di Kecamatan Ciemas, Selasa (17/1/2017).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Tingginya curah hujan pada Senin (16/1) malam menimbulkan bantaran Sungai Ciemas kembali meluap.

Hal itu lantaran, sungai yang bermuara ke Laut Palangpang itu mengalami pendangkalan dan penyempitan, sehingga sejumlah permukiman dan pasar tradisional di Kecamatan Ciemas terendam banjir setinggi mata kaki orang dewasa. Meski begitu, kondisi tersebut tidak separah pada Desember 2016 lalu, yang mencapai ketinggian 50 hingga 60 sentimeter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo menjelaskan, kondisi cuaca sekaligus bantaran sungai yang mulai sempit menjadikan bencana banjir kembali terjadi di Kecamatan Ciemas.

Hanya saja, luapan airnya masih tergolong kecil, jadi proses evakuasi berjalan mudah karena hanya membantu memindahkan barang-barang warga.

“Kalau dibandingkan dengan Desember lalu, banjir sekarang tidak terlalu parah,” paparnya kepada Radar Sukabumi saat dihubungi saluran telepon, Selasa (17/1/2017).

loading...

Feeds