Pernikahan Resmi di Kabupaten Sukabumi Terus Menurun

Dok Grafis : Radar Sukabumi 
Biaya Nikah

Dok Grafis : Radar Sukabumi Biaya Nikah


“Sering terjadi, akibat dari pernikahan siri ini ujung-ujungnya nanti menimbulkan persoalan. Kami selaku lembaga yang diberikan kewenangan oleh pemerintah dalam hal pelaksanaan pernikahan, tentu tidak menghendaki ada warga yang melakukan pernikahan secara siri itu,” terangnya.

Dalam proses pernikahan, secara regulasi pemerintah telah mengaturnya secara detail. Hal ini untuk memberikan perlindungan secara hukum kepada masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah melalui sebuah pernikahan. Supaya ke depannya, warga tersebut diakui secara sah menurut UU dan dapat mengurus serta memperoleh identitas kependudukan.

“Kerugian bagi warga yang melakukan pernikahan dibawah tangan itu, sulit membuat Identitas Kependudukan. Seperti akta kelahiran,” terangnya.

Disinggung soal biaya pernikahan, Ade menyebutkan, Peraturan Pemerintah (PP) menyatakan biaya nikah jika dilangsungkan di KUA, maka tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun, jika pernikahan itu dilangsungkan di luar KUA, maka tarif yang dikenakan sebesar Rp600 ribu.

Loading...

loading...

Feeds