Akhlak Mulia Jadi Prioritas Guru, Tingkatkan Potensi Para Guru Sukabumi

FOTO BERSAMA: Panitia seminar PGSD foto bersama dengan pemateri di Aula Ummi, belum lama ini. foto:subhan/radarsukabumi

SUKABUMI – Kompetisi guru di sekolah dasar mutunya harus terus ditingkatkan. Atas dasar inilah Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi) menggandeng guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Mutu pendidikan inipun dikupas dalam seminar Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Gedung Barchoya Mansur, beluma lama ini. Peserta seminar diikuti para mahasiswa, ditambah dari perwakilan guru-guru SD se-Kota Sukabumi.

Hadir sebagai pemateri Guru Besar UPI Bandung, Prof Udin Saefudin Saud. Seminar yang berlangsung selama tiga hari itu bertujuan meningkatkan kompetensi para guru sekolah dasar sekaligus memperingati milad kedua Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMMI.

“Kami ingin memberikan sumbangsih pemikiran terhadap guru-guru dan mahasiswa agar mampu memahami perkembangan pola pembelajaran yang baik terhadap anak didik di sekolah dasar. Khususnya Kota Sukabumi,” tutur Ketua Pelaksana, Din Azwar Uswatun kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Ia menambahkan selain dari penguatan kompetensi, guru juga harus menanamkan akhlak mulia. Karena itu, merupakan hal dasar yang harus dimiliki semua guru, di samping berkarakter dan profesional tentunya.


“Upaya meningkatkan peran guru dalam memahami tingkat keterbacaan anak, memang perlu diperhatikan, tetapi hal itu juga harus ditambah dengan menanamkan akhlak mulia,” tuturnya.

Karena, imbuhnya, pada dasarnya kelemahan guru sekolah dasar, kerap memakai pola pembelajaran yang lama. Ini merupakan kelemahan yang harus diperhatikan semua pihak termasuk setiap kampus yang mempunyai fakultas keguruan.

“Semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan membuat para guru ini paham terhadap mutu pembelajaran di sekolah dasar,” ajaknya optimis.

(cr10/d)