Pelajar Baitussalam Sukabumi Persiapkan UA-MDTA

FOTO: IST SERIUS: Peserta Try Out MDT Baitussalam Cisaat Sukabumi mengerjakan soal dengan serius.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Guna menghadapi Ujian Akhir Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (UA-MDTA), sebanyak 56 pelajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Baitussalam di bawah naungan Yayasan Baitussalam Cibolang Girang Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan pelatihan persiapan menjelang ujian atau try out (TO), belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah menguji beberapa mata pelajaran di antaranya, Alquran hadits, aqidah akhlak, fiqih, tarikh Islam/sejarah kebudayaan Islam, bahasa Arab, praktik ibadah, baca tulis Alquran (BTQ) dan muhadatsah.

Salah seorang panitia TO UA-MDTA, Ustadzah Eneng Hamilah Sopriatul Badriah mengatakan, dengan mengikuti TO ini para peserta didik bisa mengetahui kelemahan materi yang belum dikuasai, sehingga siswa dapat memfokuskan kembali pada materi yang belum dikuasai tersebut.

“Kita berharap mereka bisa mengetahui titik kelemahannya dan pada saat ujian berlangsung sudah bisa mengerjakan dengan baik,” katanya didampingi Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Baitussalam, KH Onen Qurnaen.


Sementara itu, Direktur Perguruan Islam Baitussalam, Ustad Maman Abdurrahman menambahkan, pencapaian nilai TO sendiri tidak akan dimasukkan ke dalam rapor peserta didik, sebab kegiatan ini merupakan bentuk percobaan menjelang persiapan UA-MDTA.

Tidak hanya itu, sambung Maman, penyelenggaraan kegiatan TO ini dipantau langsung Kepala Seksi Pendidikan dan Keagamaan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Zaenal Mutaqin, Pokjawas Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, Badrudin dan Asep Nurjen serta Pengurus Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah (FKMDT) Kecamatan Cisaat, Ustad Iim Abdul Karim.

“Ini bentuk keseriusan kami dalam memberikan pendidikan kepada para peserta didik. Kami selalu melibatkan semua unsur dalam bentuk pengawasan,” pungkasnya.

(*/why)