Dinkes Sukabumi Wajibkan Balita Dapat Vitamin A

Ilustrasi Vitamin A

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РDinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi gencar galakkan bulan pemberian vitamin A, dimana seluruh anak yang berusia enam bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di posyandu atau puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Rita Nenni meminta seluruh orang tua yang memiliki anak di usia enam sampai 59 bulan untuk dibawa ke posyandu dan puskesmas. Mereka akan diberikan vitamin A secara gratis.

“Kami mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki balita untuk dibawa segera ke posyandu dan puskesmas untuk mendapatkan vitamin A gratis,” katanya.

Menurut data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A.


Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini. Rita menjelaskan, vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati.