135.268 Warga Kabupaten Sukabumi Belum Miliki E-KTP

PELAYANAN : Para petugas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil saat melayani masyarakat yang akan mengajukan pembuatan KTP. foto:rendi/radarsukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РWarga di Kabupaten Sukabumi ternyata masih banyak yang belum memiliki e-KTP. Dari total 1.647.738 orang wajib memiliki KTP, hanya 1.512.470 yang telah memiliki e-KTP.

Artinya, sebanyak 135.268 warga di kabupaten terluas se-Jawa dan Bali ini belum memiliki e-KTP. Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, banyak faktor yang membuat warga belum membuat e-KTP tersebut.

“Ini menandakan masih kurang sadarnya masyarakat terhadap pentingnya memiliki e-KTP. Faktor lainnya ada juga masyarakat yang enggan beralih menggunakan e-KTP. Biasanya masyarakat yang sudah berusia lanjut, tidak mau beralih menggunakan e-KTP,” sebut Kepala Bidang Pendataan Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Ridwan.

Faktor lainnya, sambung Ridwan, setiap waktu usia penduduk pasti bertambah. Termasuk kendala yakni jauhnya jarak menjadi salah satu penyebab masyarakat malas untuk mengurus pembuatan e-KTP. Sebab luasnya letak geografis Kabupaten Sukabumi tak sebanding dengan jumlah pencetak e-KTP di Kabupaten Sukabumi.