Polres Sukabumi Buru Pelaku Perdagangan Tiga Wanita

Human Trafficking
Ilustrasi Human Trafficking

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota masih memburu seorang pria berinisial SP alias D, aktor intelektual di balik perdagangan manusia (human trafficking) yang melibatkan tiga wanita asal Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang menjadi korbannya.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Diki Budiman mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengantongi identitas majikan Eva, salah satu korban trafficking yang saat ini masih tertahan di Malaysia.

“Kita sudah mengantongi beberapa identitas, termasuk identitas yang membawa ketiga remaja tersebut ke Malaysia. Saat ini, kita sedang melakukan pengejaran terhadap tersangka,” ungkap Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Diki Budiman kepada Radar Sukabumi, selasa¬†(16/2).

Dijelaskannya, kasus tersebut sudah termasuk dalam tindakan kriminal, lantaran pelaku berupaya memalsukan identitas para korbannya.


“Modus yang dilakukan tersangka ini dengan cara merekrut dan mengiming-imingi gaji besar, dan mendapatkan pekerjaan di Jakarta,” imbuhnya.

Namun dalam kenyataannya, semua korban malah diterbangkan ke Malaysia untuk dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga.
Parahnya lagi, korbannya tidak pernah menerima upah yang dijanjikan, dengan alasan sudah dibayarkan kepada penyalur.
Hingga berita ini diturunkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, bahkan melibatkan polisi Malaysia untuk bisa membebaskan korban.