PMI Sukabumi Targetkan 1000 Pendonor Pemula

Foto Ilustrasi

POJOKJABAR.com,SUKABUMI РPalang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menargetkan dapat menjaring sebanyak 1000 pendonor pemula pada 2016. Gerakan pendonor di kalangan pemula ini terus dilakukan sosialisasinya di tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi (PT).

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo mengatakan, PMI tengah menggalakkan Gerakan Nasional Donor Darah Sukarela, dengan target selain terpenuhi kebutuhan 3000 kantong darah per tahun, juga mendapat 1000 pendonor pemula.

“Untuk Gerakan Donor Darah Sukarela ini PMI akan gencar melakukan sosialisasi tugas, fungsi dan peran ke berbagai kalangan. Kemudian menggalang kemitraan dengan pihak pemerintah maupun swasta,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi.

Dikatakannya, keberadaan PMI sebagai organisasi sosial yang tangguh dan mandiri dapat berperan aktif meringankan penderitaan sesama manusia, dengan upaya memasyarakatkan donor darah sukarela tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, bahasa, agama, golongan warna kulit adan agama.


Suranto mengatakan, peminat donor darah di Kota Sukabumi semakin banyak dan menyebar.

“Saya lihat hampir semuanya donor pemula. Ada yang baru sekali lalu kedua kali. Hal itu penting karena makin menyebar, makin banyak orang yang bersedia mendonor,” kata Suranto.