UTD PMI Kota Sukabumi Dikunjungi UTD Pusat

Foto Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РUnit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Sukabumi mendapatkan kunjungan dari UTD PMI Pusat. Kunjungan tersebut bertujuan untuk monitoring dan evaluasi dalam hal meningkatkan pelayanan donor darah yang maksimal kepada masyarakat. Kota Sukabumi menjadi salah satu kota yang dikunjungi Tim Monev UTD PMI Pusat, untuk mengecek langsung pelayanan donor darah, perlengkapan, peralatan dan SDM yang ada di UTD PMI Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Pembinaan Kualitas UTD PMI Pusat, Robby Nur Aditya, mengatakan, walau darah sebagai penyambung hidup bagi yang membutuhkan, tapi juga bisa menjadi masalah bagi yang menerimanya akibat sudah terkontaminasi bakteri.

Untuk mendapatkan darah yang berkualitas, menurut Robby, masyarakat yang mendonorkan darah harus dalam keadaan sehat, selain itu juga memperhatikan kondisi

kantong darah melalui pemeriksaan kualitas, mulai dari pengambilan dan pengolahan darah.


“Pelaksanaan manajemen kualitas transfusi darah standar GMP dan sistem kualitas. Selain itu, adanya peluang rumah sakit pemerintah/pendidikan untuk mendirikan UTDRS, tuntutan kualitas plasma dari fraksionasi,” kata Robby.

Menurut Robby, pihaknya saat ini membangun jaringan dengan 212 UTD PMI, termaksud dengan UTD pusat dan 164 UTDRS/Dinkes, serta melibatkan untuk masyarakat. Mengingat saat ini, kata Robby, baru ada tujuh UTD yang diakreditasi oleh BPOM.