176 Pelajar SMPN 1 Sukaraja Sukabumi Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

FOTO : PANJI SETIAJI // RADAR SUKABUMI KHIDMAT: Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMPN 1 Sukaraja, Pepen Ruspendi saat membuka dan memberikan penyematan kepada kepengurusan OSIS/MPK, Jumat (12/2).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebanyak 176 pelajar SMPN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi mengikuti latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) di salah satu ruangan kelas yang digelar dari tanggal 12 hingga 14 Februari 2016 mendatang. Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Melalui Kegiatan LDKS Kita Tingkatkan Pemahaman dan Peran Serta Peserta Didik dalam Berorganisasi Demi Terwujudnya Pendidikan yang Berkarakter’ dan dibuka secara langsung Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMPN 1 Sukaraja, Pepen Ruspendi, kamisĀ (12/2).

Kegiatan LDKS sendiri merupakan program kesiswaan yang dituangkan ke dalam rencana kerja siswa (RKS) tahun 2016, sekaligus untuk mempersiapkan para peserta didik yang handal dalam berorganisasi demi membantu lancarnya program dan tujuan sekolah.

“Semoga dalam kegiatan LDKS ini para peserta didik yang tergabung ke dalam organisasi sekolah bisa meningkatkan prestasi sekolahnya,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMPN 1 Sukaraja, Ahmad Yani.

Ia berharap kegiatan LDKS ini bisa mendorong sikap jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para pelajar, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.


Di samping itu, pada kegiatan LDKS ini menghadirkan beberapa narasumber dari pihak sekolah dan unsur TNI/Polri. Para narasumber menyampaikan sepuluh materi, di antaranya kebijakan pendidikan Kabupaten Sukabumi, program pendidikan di sekolah, pengertian dan peranan OSIS, AD/ART OSIS, tata tertib sekolah, program pokok-pokok kegiatan seksi, administrasi kelas, tata upacara bendera, dan PBB.

“Mudah-mudahan ilmu yang diberikan di dalam LDKS bisa menjadi bekal dalam menjalankan organisasi,” imbuhnya.