Polresta Sukabumi Siagakan 345 Personel Antisipasi Rawan Bencana

foto : dok/humaspolressukabumikota SIAGA: Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Diki Budiman memeriksa sejumlah peralatan bencana alam salah satunya perahu karet.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РSetelah dinyatakan sebagai daerah rawan bencana ketiga di Jawa Barat, Polres Sukabumi Kota bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota dan Kabupaten Sukabumi mengadakan apel kesiapsiagaan bencana di Halaman Mako Polres Sukabumi Kota, kamis (11/2).

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Diki Budiman, mengatakan, sedikitnya 47 kecamatan di wilayah Sukabumi rawan bencana alam. Apel besar ini juga melibatkan Polres Sukabumi, BPBD Kabupaten dan Kota juga Satpol PP. Sejumlah perlengkapan bencana pun diuji coba untuk mengetahui kondisi dan kesiapan peralatan bencana jika terjadi bencana alam nanti.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sebanyak 345 Anggota Polres Sukabumi Kota disiagakan sebagai anggota Satuan Petugas (Satgas) Bencana, bahkan pihaknya pun telah membuat rencana kontijensi jika terjadi bencana alam, di suatu titik dan Polri merupakan struktur penanggulangan bencana tersebut.

“Khusus untuk wilayah hukum Polres Sukabumi Kota kita siagakan sebanyak 345 anggota yang nantinya akan menjadi anggota satgas di wilayah hukum Sukabumi Kota. Untuk posko tidak ada namun untuk kegiatan-kegiatan yang kita lakukan adalah kegiatan preventif yaitu dengan cara memberikan penerangan-penerangan kepada masyarakat mengantisipasi supaya mereka bisa mendeteksi dini,” terangnya.


Apel kesiapsiagaan bencana itu difokuskan untuk mengecek sumber daya manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana. Termasuk membahas metode penanganan kebencanaan serta kekurangan lainnya, satu di antaranya soal anggaran.