Konsep Pagu Indikatif Lebih Tepat Sasaran dalam Rencana Pembangunan

Anggota DPRD Kota Sukabumi
Rojab Asyari

Anggota DPRD Kota Sukabumi Rojab Asyari


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Anggota DPRD Kota Sukabumi, Rojab Asyari mengusulkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) alangkah baiknya menggunakan konsep pagu indikatif setiap kecamatan.

Menurutnya, dengan pagu indikatif tiap kecamatan ini, sejumlah patokan batas maksimal anggaran belanja (APBD) untuk merencanakan program atau kegiatan di tingkat kecamatan dapat terencana dan adanya kepastian.

Mekanisme penyusunan program atau kegiatan untuk pagu indikatif kecamatan ini dilakukan secara partisipatif melalui musrenbang kecamatan dengan berdasarkan kepada prioritas program yang diusulkan tiap kelurahan di kecamatan tersebut.

“Dengan konsep seperti pembangunan setiap kewilayahan akan terencana. Ide seperti ini hasil dari kunjungan kerja ke daerah yang meraih predikat terbaik yaitu di Yogyakarta dan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah dan Buleleng,” jelasnya.

Rojab menilai, dengan memberikan pagu indikatif per kecamatan yang telah ditentukan bobot dan proporsinya. Adapun bobot dan kriteria yang digunakan seperti luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, riskan terhadap bencana dan lainnya. Indikator tersebut kata Rojab menjadi pedoman dalam memberikan pagu indikatif di setiap kecamatan.

Loading...

loading...

Feeds