Karena Masalah Izin Tinggal, Empat WNA Dideportasi

foto:ikbal/radarsukabumi BINGUNG: Warga asing yang mengaku berasal dari Filipina saat menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas II B Sukabumi, rabu (10/2).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi mendeportasi empat warga negara asing (WNA) yang terbukti menyalahi izin tinggal alias overstay, sejak Januari hingga Februari 2016.

“Tahun ini kita sudah deportasi sekitar tiga orang WNA, ditambah sekarang satu orang lagi asal Pakistan. Jadi jumlah seluruhnya ada empat orang,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Ferizal kepada Radar Sukabumi, rabu (10/2).

Didampingi Kasub Seksi Pengawasan Keimigrasian Whisnu Galih Priawan, Ferizal menjelaskan, mereka yang dideportasi terdiri dari anak-anak dan dewasa.

Rata-rata tindak pelanggaran yang dilakukan WNA tersebut soal izin tinggal. Mereka sudah punya keluarga di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi. “Kita tindak sesuai aturan keimigrasian jika ada yang melanggar,” janjinya.


Bagaimana dengan jumlah pelanggaran keimigrasian selama 2015 lalu? Ferizal mengaku lupa jumlah pastinya. Hanya saja, dirinya menyebut puluhan WNA sudah dideportasi ke negara masing-masing. Dan berkasnya sudah dilaporkan ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kalau jumlah pastinya saya lupa. Tapi ada puluhan warga asing yang sudah kami deportasi selama 2015. Rata-rata kasusnya pelanggaran izin tinggal,” terangnya.