Muraz : Baznas Harus Bangun Kepercayaan

MELANTIK: Walikota Sukabumi, M Muraz saat melantik pengurus Baznas kepengurusan 2015-2020 di Puski, Jumat (5/2).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI  РWalikota Sukabumi, M Muraz memberikan mandat kepada pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi periode 2015-2020 untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Baznas. Tak hanya itu, juga harus menyadarkan masyarakat agar penyerahan zakat melalui Baznas.

“Itu yang menjadi poin harus dilaksanakan oleh kepengurusan Baznas yang baru,” katanya.

Dengan dua hal tadi, Muraz meyakini akan terjadi peningkatan dalam segi pengelolaan dan penyaluran zakat. Lantaran saat ini kepercayaan masyarakat kepada Baznas masih belum optimal sehingga berdampak kepada kinerja dan pencapaian kinerja Baznas.

“Selama ini masih banyak masyarakat yang membayar zakat langsung ke masyarakat seperti ke DMK, kyai, atau masyarakat tidak mampu. Tanpa melalui Baznas, itu yang harus diubah oleh Baznas. Makanya saya menyarankan coba sosialisasikan oleh ulama apa bedanya bayar langsung atau melalui Baznas dari segi syariat hukum Islam, harus seperti apa,” ujarnya.


Muraz mengaku pembayar zakat mal masih didominasi kalangan PNS. Mereka menyetorkan zakat melalui UPZ yang dibentuk di masing-masing SKPD dan disetorkan ke Baznas Kota Sukabumi.