Karena Terhambat Izin Amdal dari Provinsi, Pembangunan Pasar Pelita Sukabumi Tertunda

SIAP DIBANGUN: Kondisi Pasar Pelita yang sudah rata, tinggal menunggu pembangunan, senin (8/2). Foto:ikbal/radarsukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI  РPembangunan Pasar Pelita, belum juga dilakukan. Pihak PT AKA saat ini masih menunggu izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dari Provinsi Jawa Barat. Perlu waktu sekitar seminggu lagi PT AKA dan pemkot untuk bisa meletakkan batu pertama. Pasalnya, ekpos terakhir amdal di Bandung dilakukan pada Kamis (4/2).

“Ya, pada Kamis lalu, PT AKA dan Walikota Sukabumi melakukan ekpos mengenai amdal. Itu merupakan ekpos terakhir, setelah kurang lebih enam kali ekspos,” ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi, Ayep Supriatna.

Setelah melakukan ekpos terakhir, provinsi menjanjikan sekitar satu minggu izin tersebut bisa keluar. Ayep memastikan untuk peletakan batu pertama dan dilanjutkan pembangunan sekitar pertengahan Februari.

“Kita bisa pastikan bulan ini sudah peletakan batu pertama, sekitar tanggal 20 Februari lah,” ungkapnya.


Sementara uang jaminan atau surety bond yang diwajibkan perusahaan sudah selesai. Jaminan tersebut merupakan jaminan yang dikeluarkan oleh asuransi antara kesepakatan pemerintah daerah dan PT Anugerah Kencana Abadi (AKA).

“Pihak asuransi dengan melakukan survei dan kini jaminannya sudah keluar,” jelasnya.