Aduh… Diduga Selewengkan Dana, Sepak Terjang Kades Warungkiara Sukabumi Diusut

foto:dok/radarsukabumi ILUSTRASI: Sejumlah warga Desa Warungkiara menggeruduk Kantor Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/2). Mereka mendesak Camat Warungkiara turun tangan untuk memecat Kades Warungkiara.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pasca didemo warga, Inspektorat Kabupaten Sukabumi hampir sepekan ini terus mencari data terkait dugaan penyelewengan anggaran yang dilakukan Kades Warungkiara. Sementara Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak ancang-ancang akan turun tangan menangani kasus yang mengundang reaksi warga itu.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, tim dari inspektorat Kabupaten Sukabumi sudah turun sejak minggu lalu. Tak hanya dari segi administrasi keuangan desa yang diperiksa, tim juga turun ke lapangan untuk mengecek hasil pekerjaan yang bersumber dari anggaran pemerintah. Hasil dari pemeriksaan baru dapat diketahui setelah 14 hari pasca pemeriksaan.

“Sudah hampir sepekan ini tim sudah turun melakukan pemeriksaan di Desa Warungkiara. Karena bagaimanapun, persoalan ini sudah bersifat urgent yang tidak bisa dinantikan lagi,” ujar Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Komarudin, seninĀ (8/2).

Dijelaskan Komar (sapaan akrab Komarudin, red), jika hasil pemeriksaan tersebut terbukti adanya penyelewengan anggaran, maka pihaknya akan menyampaikan kepada Bupati Sukabumi melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sukabumi agar ditindaklanjuti. Pasalnya, untuk memberikan sanksi, bukanlah menjadi kewenangannya, melainkan Bupati Sukabumi.


“Apapun nanti hasil dari pemeriksaan itu akan kami sampaikan kepada bupati. Beliau yang akan mengambil sikap, karena wewenangnya ada di beliau,” terangnya.