Whoaaa… 400 PNS Pensiun Tahun Ini !

PNS Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI РMeskipun jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sukabumi mencapai 14.743 orang, namun ternyata hal itu dirasa masih belum ideal. Jumlah tersebut memang banyak jika dihitung angka.

Namun untuk kategori ideal dengan melihat jumlah penduduk dan luas wilayah Kabupaten Sukabumi, sedikitnya 33.000 PNS dibutuhkan oleh Kabupaten Sukabumi. “Apalagi 364 PNS telah pensiun di tahun 2015 dan sekitar 400 PNS akan pensiun di tahun sekarang,” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sukabumi, Risbandi AR.

Risbandi pun menjelaskan, sekitar 400 PNS yang akan pensiun di tahun ini pun belum termasuk PNS yang mengajukan pensiun dini atau pensiun atas permintaan sendiri (APS).

“Jadi 14.743 tersebut, belum dikurangi dengan ratusan PNS yang akan pensiun di tahun ini serta yang nantinya mengajukan APS tersebut,” katanya.


Ditambah, saat ini, tambahan PNS tersebut menurutnya sangat tipis kemungkinannya. Karena terkait moratorium dan tak ada penambahan PNS kategori II di lima tahun ke depan.

“Tapi semuanya tergantung pemerintah pusat juga nantinya,” singkatnya.

Meskipun saat ini kekurangan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tersebut sangat signifikan. Namun persoalan tersebut menurutnya bukan menjadi alasan untuk para PNS tak memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami ada komposisi dan profesionalisme kerena yang jelas tak boleh ada prinsip kekurangan PNS menjadi kurang pelayanan atau tak prima. Dan yang paling penting, jangan berlindung di balik kekurangan tersebut,” tegasnya.(cr3/d)