Menikmati Indahnya Pantai Cibuaya Ujunggenteng Sukabumi

Pantai Cibuaya

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Seperti tidak ada habisnya jika membicarakan keindahan dan kecantikan Pantai Ujung Genteng, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi ini. Pantai yang berada di ujung selatan Sukabumi itu selalu menawarkan keindahan alam melalui jajaran pantai yang ada di sepanjang pantainya. Selain menyuguhkan kecantikan pasir putih dan ombak laut yang bersih dan tak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Indonesia, keindahannya menyita perhatian para wisatawan yang datang.

Bila Anda sedang berkunjung ke pantai ini, tak lengkap rasanya jika tidak singgah terlebih dahulu di Pantai Cibuaya. Tak heran jika pantai yang disebut pasir putih tersebut menjadi pilihan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu warga Surade, Kabupaten Sukabumi, Acep, nama Cibuaya diberikan oleh warga pada zaman dulu. Sebab, di kawasan tersebut banyak buaya berkeliaran, sehingga dinamakan Pantai Cibuaya.

“Dulu di sini ada muara dan isinya buaya. Makanya dinamakan Cibuaya, sekarang sudah enggak ada, yang ada hanya pantai,” ucap pria yang juga membuka penginapan kepada Radar Sukabumi.


Untuk mengunjungi Pantai Cibuaya, waktu yang ditempuh kurang lebih tiga jam jika menggunakan kendaraan roda dua. Sementara jika menggunakan mobil bisa ditempuh selama empat atau lima jam. Kondisi jalan yang sempit serta berkelok menjadikan perjalanan Anda menjadi lebih lama dan panjang. Namun tidak usah khawatir, pasalnya di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

Pantai Cibuaya tergolong pantai yang tenang, sehingga Anda bisa berenang tanpa takut terseret ombak. Tapi perlu diperhatikan juga rambu-rambu di pantai tersebut. Karena ada beberapa pantai yang dilarang untuk berenang. Biasanya larangan itu ditandai dengan bendera merah bertuliskan dilarang berenang di tengah.

Salah satu wisatawan, Anisa mengaku baru pertama kalinya mengunjungi Pantai Cibuaya ini. Saking cantiknya, dirinya enggan pulang kembali ke kampung halamannya di Bandung.

“Pasirnya masih bersih, lautnya juga bersih pemandangan disini sangat bagus,” pungkasnya.

(wdy/e)